Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puntung Rokok Jadi Masalah Serius Lingkungan
Oleh : Redaksi
Rabu | 24-07-2019 | 09:04 WIB
puntung-rokok.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Penelitian dari Universitas Anglia Ruskin (ARU), Inggris, membuktikan bahwa puntung rokok menyebabkan kerusakan serius pada lingkungan. Racun yang terkandung dalam filter rokok diperkirakan menjadi penyebab utama rusaknya tumbuh-tumbuhan.

Puntung rokok memiliki kapasitas limbah yang besar seperti sampah plastik. Diperkirakan 4,5 triliun sampah rokok dibuang setiap tahun. Butuh waktu lama untuk melebur filter rokok akibat kandungan serat selulosa asetat yang setara dengan jenis bioplastik.

Uji coba penelitian dilakukan pada tumbuhan bunga semanggi di kota Cambridge. Sisa puntung rokok di tanah telah menghambat pertumbuhan panjang pucuk semanggi sebesar 27 persen dan mempengaruhi berat akar sehingga berkurang menjadi 57 persen.

"Menjatuhkan puntung rokok tampaknya merupakan hal yang dimaklumi, sehingga kita perlu meningkatkan kesadaran bahwa filter dapat menyebabkan kerusakan serius pada lingkungan," ucap Dr Green.

Menurut para peneliti, tumbuhan semanggi merupakan tanaman hijau penting untuk mendukung perkembangan keanekaragaman hayati. Secara ekologis, lebah membutuhkan semanggi sebagai tempat penyerbukan, dan tumbuhan ini berfungsi untuk menyerap polusi dari asap kendaraan bermotor.

Sumber: tempo.co
Editor: Chandra