Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tersangka Jambret Berdalih Hanya Ingin Membantu Korban
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Rabu | 28-03-2012 | 14:36 WIB

BATAM, batamtoday - Cosmos Bery, (33), tersangka jambret di depan SPBU Tiban 3 mengaku hanya ingin membantu korban untuk mengumpulkan barang-barang yang berserakan. 

Dikatakan Cosmos kepada wartawan pada Rabu (28/3/2012) di Mapolsek Sekupang, saat kejadian pada Kamis (22/3/2012) lalu sekitar pukul 19.30 WIB, dia mengendarai sepeda motor Vega Z dari Tiban BTN menuju rumahnya di Kampung Becek, Sekupang. 

Saat itu, motor milik korban Wilsa Matiena bersenggolan dengan sepeda motor lainnya hingga terjatuh. Sedangkan barang-barang milik korban berserakan di pinggir jalan. 

Melihat itu, tersangka berhenti untuk membantu mengumpulkan barang. Akan tetapi dia malah diteriaki jambret dan ditangkap oleh orang-orang yang kebetulan berada di lokasi tersebut. 

"Saya hanya mau membantu malah diteriaki maling," dalih Cosmos yang sehari-hari kerja di perusahaan galangan kapal Bandar Victory sebagai vitter. 

Sementara itu, Kasi Humas Polsek Sekupang Brigadir Roni mengatakan kronologis aksi jambret tersebut bermula saat korban naik ojek ditemani dua anaknya dari Tiban 2 menuju Tiban 3. Tiba di simpang Tiban 3, ojek yang ditumpangi dipepet oleh sepeda motor oleh dua orang laki-laki, lalu menarik tas hingga terjadi tarik menarik antara korban dan pelaku. 

"Korban teriak jambret, terjatuh dan diamankan warga. Di dalam tas ada uang Rp1,6 juta," kata Roni. 

Tersangka dijerat dengan Pasal 365 juncto 53 tentang pencurian dengan kekerasan dan percobaan dengan ancaman 7 tahun penjara.