Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kekurangan PNS, Pemkab Karimun Usulkan 1.000 formasi CPNS 2019
Oleh : Wandy
Kamis | 18-07-2019 | 13:40 WIB
kiki_rahmadi.jpg Honda-Batam
Kepala Bidang Mutasi, Pengadaan dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karimun, Kiki Rahmadi (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Terkait penerimaan kabar penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pemerintah Kabupaten Karimun, berharap dapat kembali dapat menambah jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal tersebut dikarenakan Pemkab Karimun masih banyak kekurangan PNS. Pasalnya saat ini PNS di jajaran Pemkab Karimun banyak yang telah pensiun untuk itu perlunya penambahan PNS.

Meski pada tahun 2018 lalu, Pemkab Karimun mendapatkan tambahan CPNS namun jumlah tersebut belum mencukupi. Sehingga Pemkab Karimun kembali mengajukan formasi CPNS kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun Muhammad Firmansyah mengatakan, saat ini diketahui bahwa informasi penerimaan CPNS tahun 2019 telah beredar luas. Sehingga pihaknya melakukan pengajuan usulan formasi ke Pemerintah Pusat.

"Kabar penerimaan CPNS sudah beredar luas. Maka kita langsung mengajukan usulan kep Pemerintah Pusat," kata Firmansyah, Kamis (18/7/2019)

Sementara itu, Kepala Bidang Mutasi, Pengadaan dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karimun, Kiki Rahmadi menuturkan, bahwasannya Pemerintah Kabupaten Karimun telah mengusulkan sebanyak 1.000 formasi.

"Kita sudah mengusulkan sejak tanggal 5 Juli 2019 lalu dan kita sudah upload usulan formasinya. Untuk usulan formasi di tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana kita lebih mendominasi untuk tenaga guru dan kesehatan," tutur Kiki.

Sehingga untuk penerimaan CPNS tahun 2019 ini pihaknya memasukkan formasi bagian teknis, karena dinilai untuk tenaga bidang teknis jumlahnya sangat sedikit sehingga perlunya penambahan.

"Sebelumnya untuk guru juga ada CPNS dari program Guru Garis Depan (GGD) namun untuk teknis sangat kurang sekali. Sementara di OPD-OPD sekarang ini banyak sekali diisi tenaga honorer," paparnya.

Namun untuk jumlah usulan CPNS Pemkab Karimun di tahun 2019 ini terbilang lebih sedikit dibandingkan pada 2018 lalu sebanyak 3.000 formasi yang kemudian dikurangi lagi menjadi 450 formasi dan disetujui 227 formasi.

"Terkait jadwalnya seleksi CPNS tahun ini, kita belum bisa memastikan. Namun informasi yang kita terima untuk seleksi CPNS akan dilaksanakan pada Oktober 2019 ini," katanya.

Editor: Surya