PKP

Kuliner Gonggong di Balik Keasrian Hutan Bintan Timur
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 15-07-2019 | 17:04 WIB
gonggong1.jpg honda-batam
Pengunjung sedang menikati gonggong di Desa Batu Duyung Bintan Timur. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Siapa sangka, dibalik lebatnya pepohonan (hutan), di Kampung Sei Enam Darat, Kelurahan Sei Enam, Kecamatan Bintan Timur terdapat wisata kuliner yang khusus menyajikan seafood jenis gonggong, lengkap dengan sambal khasnya.

Perjalanan untuk menggapai daerah yang lebih akrab disapa Batu Duyung itu, memang sedikit ekstrim. Sangat cocok bagi meraka yang memiliki jiwa petualang, jalanan terjal, mendaki, babatuan sisa galian biji bauksit menjadikan tantangan menuju kampung yang dihuni belasan Kepala Keluarga (KK) itu.

Namun, dibalik kesulitan untuk menuju kampung itu, ada surga tersendiri bagi seseorang yang memiliki jiwa cintai terhadap alam. Sedikit bebatuan, serta pasir putih dan mangrove ikut meramaikan penorama keindahan kampung tersebut.

Tentu pemandangan seindah itu, bakal memanjakan tubuh dan mata, setelah letih menempuh jalanan yang cukup ekstrim. Sungguh indah ciptaan tuhan, serasa enggan meninggalkan kampung yang memiliki history soal batu duyung itu.

Tak hanya itu saja, ternyata ada juga makanan seefood berjenis gonggong segar, yang dijajakan oleh salah seorang warga yang bermukim di kampung tersebut.

Wanita yang akrab disapa Nek Yana menjual gonggong segar, yang diambilnya langsung dari bibir pantai tak jauh dari kampung itu. Tentunya dengan harga, yang tidak menguras isi kocek.

Meski letaknya yang tidak banyak dikatahui oleh masyarakat, kata Nek Yana Batu Duyung kerab dikunjungi wisatawan lokal.

"Ada juga yang datang ke sini, tapi di hari-hari tertentu," beber Nek Yana, kepada BATAMTODAY.COM, Senin (15/7/2019).

Kedatangan wisatawan lokal itu, untuk sekedar liburan, ada pula yang camping. "Biasanya mereka datang buat santai-santai, makan gonggong sama keluarga. Tepi sesekali ada juga yang bermalam di sini, mereka seperti kemping gitu," kata Nek Yana.

Memang tak bakal nyesel, jika mencoba menikamati liburan di Kampung Batu Duyung. Menikmati akhir pekan bersama keluaga, atau mencoba membangun tenda di bibir pantai.

Editor: Yudha