PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Lingga Jadwalkan Agenda Perhelatan Tamadun Melayu Kedua
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum\'at | 12-07-2019 | 14:40 WIB
Sejarah_Tamadun_Melayu.jpg honda-batam
Ilustrasi Tamadun Melayu Kabupaten Lingga. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Dinas Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Lingga menjadwalkan kembali agenda Perhelatan Tamadun Melayu kedua. Rencananya kegiatan itu dihelat pada peringatan hari jadi Kabupaten Lingga yang ke-16.

Sebelumnya agenda Perhelatan Tamadun Melayu direncanakan dilanjutkan di Johor, Malaysia. Namun karena ketidakstabilan cuaca politik dan beberapa kendala lain, akhirnya kegiatan batal dilaksanakan.

"Kami telah menyusun beragam rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada event ini, terlebih lagi seperti pada pelaksanaan tahun 2017 lalu, acara ini akan kembali disejalankan dengan peringatan hari jadi Kabupaten Lingga yang ke-16," kata Kepala Disbud Lingga, Muhammad Ishak.

Ishak mengatakan beberapa kegiatan yang telah disusun diantaranya adalah seperti lomba berbalas pantun Melayu, lomba lukis internasional, pembacaan puisi tingkat internasional, lomba lukis profesional, temu usaha atau temu bisnis, bersepeda, kunjungan situs sejarah, serta ragam bazar dan kesenian Melayu.

Selain itu, yang paling ditunggu-tunggu dan paling menjadi perhatian adalah pelaksanaan pawai budaya yang menampilkan ragam kostum tradisional, modern dan kreasi.

Seluruh rangkaian kegiatan yang dikemas dalam satu paket perhelatan Tamadun Melayu kedua lanjut Ishak digadang-gadang akan masuk ke dalam kalender event tahunan Kementerian Pariwisata, yang selanjutnya akan dilaksanakan rutin pada setiap tahunnya, guna mendongkrak kunjungan wisata Kabupaten Lingga.

"Kami juga mendapat masukan dari salah satu Tokoh Kabupaten Lingga Rida K Liamsi. Beliau menyarankan untuk menampilkan budaya-budaya Melayu di bawah kaki gunung Daik," tuturnya

Tamadun Melayu menurut Ishak digelar untuk mengangkat kembali batang terendam kejayaan peradaban Melayu. "Semalam kami sudah melakukan rapat koordinasi guna membahas persiapan demi terlaksananya kegiatan itu. Rapat dilaksanakan di ruang VIP Kantor Bupati Lingga," terangnya.

Editor: Dardani