PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kedai Kelapa Bakar Sei Panas Jadi Tempat Berkumpul Komunitas Penyakit Ginjal
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 09-07-2019 | 14:55 WIB
kelapa-bakar.jpg honda-batam
Kedai kelapa bakar milik Khoirul di Simpang Coin Sei Panas Batam. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kedai kelapa muda milik Khoirul di Simpang Coin Sei Panas Batam, tepatnya di depan sekolah Australia, kini menjadi tempat berkumpul komunitas para penderita penyakit ginjal. Pasalnya, setiap malam mereka berkumpul untuk mengkonsumsi kelapa bakar yang terbukti berhasil menyembuhkan penyakit mereka.

"Setiap malam kumpul di sini, ada yang dari Punggur. Mereka minum kelapa bakar," ujar Khoirul, pemilik kelapa muda yang menjual kelapa bakar itu kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (9/7/2019).

Ternyata, lanjut Khoirul, sejak BATAMTODAY.COM menulis berita berjudul "Obati Penyakit Ginjal Pakai Kelapa Bakar Sei Panas", banyak masyarakat yang mengkonsumsi kelapa bakar. "Awalnya ada yang masih coba-coba, tapi ternyata batu ginjalnya keluar," lanjut Khoril yang sehari-hari berjualan bersama dengan rekannya, Dedy Sudrajat.

Baca: Obati Penyakit Ginjal Pakai Kelapa Bakar Sei Panas

Khoirul tidak hanya mengklaim kesembuhan para pelanggannya itu, kepada BATAMTODAY.COM, ia menunjukkan hasil laboratorium dari Rumah Sakit Awal Bros Batam dan rumah sakit lain milik para pelanggannya. Ternyata, dari beberapa lembar dokumen rumah sakit itu, terbukti saat sebelum konsumsi kelapa bakar dan setelahnya, hasilnya sangat positif.

"Yang sembuh sudah lumayan banyak, mereka menunjukkan hasil pemeriksaan rumah sakit. Alhamdulillah mereka yang tadinya mau operasi, tidak jadi, setelah minum kelapa bakar," lanjut Khoirul lagi.

Kini, setiap malam, para pelanggan kelapa bakar bertemu di kedai kelapa Khoirul. Sambil menikmati kelapa bakar seharga Rp 25 ribu itu, mereka pun saling bertukar informasi mengenai kesehatan ginjal dan sebagainya.

Editor: Dardani