Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jamaah Haji Embarkasi Batam Selamat Mendarat di Madinah
Oleh : Redaksi
Senin | 08-07-2019 | 09:28 WIB
jamaah-haji-tiba-di-madinah.jpg Honda-Batam
Jamaah Haji Embarkasi Batam Selamat Mendarat di Madinah. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Madinah - Jemaah haji Indonesia akan dilayani oleh dua maskapai penerbangan, yaitu Saudi Arabia Airlines dan Garuda Indonesia. Saudi Arabia Airlines akan mengangkut sebanyak 105.573 jemaah yang berasal dari Embarkasi Batam (BTH), Palembang (PLM), Jakarta Bekasi (JKS), sebagian Jakarta Pondok Gede (JKG), dan Surabaya (SUB).

Para jemaah haji kloter pertama itu telah mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi, Sabtu, 6 Juli 2019. Jemaah haji Indonesia yang pertama kali mendarat di Tanah Suci berasal dari embarkasi Surabaya atau SUB-1.

Demikian ungkap Kepala Daerah Kerja Madinah, Arsyad Hidayat, saat diwawancarai tim MCH di Madinah, Jumat, 5 Juli 2019.

Jemaah haji yang terbang perdana dari embarkasi Surabaya berjumlah 445 orang, berasal dari daerah Ngawi 315 orang, Ponorogo 62 orang, dan Kota Surabaya 68 orang. Para jemaah ini sudah bertolak dari Tanah Air ke Tanah Suci pukul 03.00 WIB, Sabtu dini hari tadi.

Disusul kloter berikutnya dari embarkasi Surabaya yang diberangkatkan pagi ini ke Madinah. Kemudian dua kloter lainnya juga diberangkatkan hari ini dari embarkasi Batam. Total, ada 1.800 jemaah haji dari embarkasi Surabaya dan Batam yang diberangkatkan pada Sabtu, 6 Juli 2019. "Insya Allah dari sisi penempatan di Madinah sudah dalam kondisi siap," ujar Arsyad.

Seperti diketahui, pada musim haji tahun ini, Indonesia memberangkatkan 529 kloter yang akan dibagi dalam dua gelombang penerbangan. Gelombang I akan diterbangkan pada 6-19 Juli 2019 dan mendarat di Bandara Madinah. Sedangkan gelombang II akan diberangkatkan pada 20 Juli-5 Agustus 2019 dan mendarat di Bandara Jeddah.

Jemaah haji Indonesia akan dilayani oleh dua maskapai penerbangan, yaitu Saudi Arabia Airlines dan Garuda Indonesia. Saudi Arabia Airlines akan mengangkut sebanyak 105.573 jemaah yang berasal dari Embarkasi Batam (BTH), Palembang (PLM), Jakarta Bekasi (JKS), sebagian Jakarta Pondok Gede (JKG), dan Surabaya (SUB).

Sementara itu, maskapai Garuda Indonesia akan mengangkut sebanyak 111.072 jemaah haji yang berasal dari embarkasi Aceh (BTJ), Medan (MES), Padang (PDG), sebagian Jakarta Pondok Gede (JKG), Solo (SOC), Banjarmasin (BDJ), Balikpapan (BPN), Makassar (UPG) dan Lombok (LOP).

Sumber: Viva.co.id
Editor: Dardani