Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peta Bencana adalah Salah Satu Karya Sutopo Purwo Nugroho
Oleh : Redaksi
Minggu | 07-07-2019 | 19:04 WIB
sutopo_bnpb5.jpg Honda-Batam
Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengapresiasi kinerja Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho selama hidupnya. Sutopo dinilai telah memberikan pengabdian luar biasa dan tetap melayani publik meskipun tengah sakit kanker paru-paru.

"Keluarga besar BNPB sangat berduka atas wafatnya Pak Topo. Beliau adalah Pahlawan Kemanusiaan, yang tetap melayani publik walaupun dalam keadaan sakit dengan semangat kerja dan pengabdian yang luar biasa," kata Kepala BNPB Letjen Doni Monardo seperti dalam keterangan tertulis, Minggu (7/7/2019).

Doni mengakui, almarhum telah ikut membesarkan nama BNPB sejak dibentuk 2008 lalu. Tak hanya itu, ia menyebut Sutopo juga telah mengharumkan nama Indonesia di antaranya mendapat penghargaan tertinggi yang diterima pemerintah Indonesia di Baku Azerbaijan dari perserikatan bangsa-bangsa (PBB) di Bidang Inovasi Kebencanaan melaui Peta bencana.

"Peta bencana adalah salah satu karya Sutopo," ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT, diterima semua amal ibadahnya dan diampuni dosanya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. "Aamiin YRA," katanya.

Seperti diketahui, Sutopo meninggal dunia karena penyakit kanker paru-paru stadium IV B. Ia meninggal saat menjalani perawatan di St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, Cina, Minggu (7/7/2019) dini hari.

Editor: Surya