Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternyata Perut Buncit Bisa Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan, Begini Penjelasannya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 06-07-2019 | 18:28 WIB
perut-buncit1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Perut buncit tampaknya menjadi masalah banyak orang, baik pria maupun wanita. Selain tidak enak dipandang, ternyata perut buncit bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Dikutip dari Medical Xpress, perut buncit yang berisi lemak merupakan lemak subkutan dan lemak visceral. Lemak subkutan ini adalah lemak putih yang berada langsung di bawah kulit yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya jika jumlahnya normal.

Sel-sel lemak memiliki fungsi merekrut sel-sel inflamasi untuk membantu mengurangi peradangan dan merombak diri sendiri untuk pertumbuhan yang sehat. Tetapi jika ada jaringan lemak yang berlebih, maka mekanisme ini tidak berfungsi dengan baik.

Sedangkan lemak visceral lah yang harus diwanti-wanti. Menurut beberapa penelitian, lemak visceral mengeluarkan adipokin atau bahan kimia alami yang memicu peradangan dalam jumlah besar, dan juga melepaskan lebih banyak asam lemak ke dalam aliran darah.

Karenanya, lemak visceral ini lah yang bisa memicu risiko terjadinya diabetes, obesitas, bahkan perlemakan hati, penyakit jantung, dan stroke.

Cobalah tidak hanya fokus pada penurunan berat badan, tetapi fokus juga pada bagaimana cara menghilangkan lemak-lemak di perut. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha