PKP

Inilah 7 Jenis Ikan Asin Paling Enak dan Populer di Indonesia
Oleh : Redaksi
Rabu | 03-07-2019 | 19:16 WIB
ikan-asin-gabus1.jpg honda-batam
Ikan asin gabus. (Foto: Shopee)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ikan asin sudah jadi makanan sehari-hari orang Indonesia. Rasa asin dan gurih yang nikmat membuat ikan yang diawetkan ini cocok di lidah banyak orang.

Selain tahan lama, ikan asin juga bisa diolah dengan cepat dan mudah sehingga banyak dijadikan makanan harian keluarga. Berikut jenis ikan asin yang nikmat dan populer di Indonesia.

1. Ikan asin gabus
Ikan asin satu ini berasal dari ikan gabus yang telah dibersihkan sisik, insang, dan isi perutnya. Ikan ini diasinkan dengan dibelah terlebih dahulu.

2. Ikan asin teri
Ikan asin teri merupakan jenis ikan kecil-kecil yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Ikan ini juga memiliki banyak jenis.

Ikan teri yang dikeringkan dapat diolah menjadi beraneka menu makanan mulai dari sambal goreng teri hingga gulai teri.

3. Ikan asin jambal roti
Ikan asin jambal roti banyak digemari karena memiliki ukuran daging yang lebih tebal dibandingkan jenis ikan asin lainnya.

Alih-alih dicampur dengan bahan makanan lain, ikan asin jambal roti biasanya nikmat dimakan dengan campuran sambal. Ikan asin ini banyak jadi menu andalan di warung makan Sunda.

4. Ikan asin peda
Ikan asin peda merupakan olahan ikan setengah kering. Ikan peda berasal dari ikan kembung betina yang dikeringkan. Ikan ini dapat diolah menjadi berbagai menu makanan.

5. Ikan asin tenggiri
Seperti namanya, ikan asin ini dibuat dari ikan tenggiri yang dikeringkan. Ikan ini memiliki ukuran yang besar sehingga pas dimasak dalam jumlah besar atau pun disimpan untuk makan berikutnya.

6. Ikan asin bulu ayam
Ikan ini tidak terbuat dari bulu ayam. Melainkan bentuk ikan asin yang tipis seperti bulu ayam, membuat ikan ini diberi nama ikan asin bulu ayam.

Bentuknya yang tipis, memberikan ikan asin ini rasa yang renyah.

7. Ikan asin sepat
Ikan asin sepat tergolong dalam jenis ikan air tawar yang diawetkan. Ikan asin sepat dapat dengan mudah dijumpai di pasaran. Jumlahnya bakal melimpah saat panen ikan sepat.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha