Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSUD Encik Maryam Raih Akreditasi Bintang Tiga dari KARS
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 01-07-2019 | 16:04 WIB
010101_rsud_lingga01.jpg Honda-Batam
RSUD Encik Maryam, Daiklingga. (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Encik Maryam, Daiklingga saat ini telah memperoleh akreditasi bintang tiga atau madya dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Indonesia usai dinilai pada tanggal 20 hingga 22 Juni lalu.

Kini rumah sakit tersebut berada setara dengan rumah sakit lainnya yang telah terakreditasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, dr Asri Wijaya melalui Kasi Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir mengatakan, hasil positif yang didapat tak lepas dari dukungan semua pihak, termasuk pimpinan daerah.

"Semua berkat kerjasama dan tak lepas dari dukungan dan peran Pemda Lingga, yang di wakili oleh Pak Wakil Bupati, Muhammad Nizar. Beliau memberikan dukungan penuh proses akreditasi," kata Mudlofir kepada media, Senin (1/7/2019).

Ia menjelaskan, saat tim surveior menggali komitmen pemerintah daerah sebagai pemilik RSUD Encik Mariyam, dalam rangka peningkatan mutu pelayanan baik di segi managemen, pelayanan medis, pelayanan keperawatan, dukungan anggaran untuk sarana prasarana, alat kesehatan, obat-obatan dan peningkatan kapasitas tenaga medis dan para medis di RSUD tak terlepas dukungan dari Wabup Lingga Muhammad Nizar.

Untuk itu, dia bersama segenap jajaran Dinas Kesehatan sangat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah memberikan dukungan dan komitmen untuk RSUD dan Puskesmas untuk berbenah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada masyarakat.

"Dengan terakreditasinya RSUD Encik Mariyam ini, saya berharap agar standar operasional prosedur (SOP), dan budaya mutu mulai disosialisasi, dipahami, dipraktekkan di lingkungan RSUD secara bertahap serta peningkatan mutu pelayanan medis, perawatan dan manejemen terus berjalan," ujarnya.

"Begitu juga dengan rekomendasi-rekomendasi dari surveior baik di segi managemen, pelayanan, alat kesehatan, sarana prasana dan SDM tahap demi tahap mulai diperbaiki, dilaksanakan dan dipenuhi," tambahnya lagi.

Pihaknya juga kata Mudlofir terus meminta support, dukungan dan komitmen dalam rangka proses akreditasi terhadap puskesmas yang saat ini sedang berproses dan akan disurvei pada tahun 2019 ini. Yaitu Puskesmas Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Puskesmas Resang Kecamatan Singkep Selatan dan Puskesmas Posek, Kecatan Kepulauan Posek.

"Mohon doa dan dukungan masyarakat Kabupaten Lingga, agar puskesmas ini bisa lulus akreditasi dan sukses dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Lingga," tuturnya.

Editor: Gokli