Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Undang Perwakilan Kelurahan dan Kecamatan

BPJS Kesehatan Batam Terus Optimalkan Pendaftaran Melalui Dropbox
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 28-06-2019 | 16:40 WIB
bpjsk-dropbox1.jpg Honda-Batam
BPJS Kesehatan Batam sosialisasi optimalisasi pendaftaran melalui dropbox. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - BPJS Kesehatan Cabang Batam kembali mengoptimalkan pendaftaran peserta melalui dropbox.

Hal tersebut dilakukan dengan mengundang seluruh perwakilan kantor lurah dan camat di kota Batam untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi optimalisasi pendaftaran melalui dropbox di Kantor BPJS Kesehatan di Batam Centre, Jumat (28/6/2019).

Maihendra selaku Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan mengatakan bahwa penggunaan dropbox sebagai salah satu upaya perluasan kanal pendaftaran memang sangat efektif. Bagi masyarakat yang enggan pergi ke kantor cabang, pendaftaran melalui dropbox tentu menjadi kabar gembira tersendiri karena dropbox tersedia hampir di seluruh kantor camat di Kota Batam.

Dropbox dikatakan sangat efektif karena masyarakat yang ingin mendaftar cukup meletakkan berkas pendaftaran ke dalam box dan menunggu sampai proses pendaftaran selesai. Berkas tersebut nantinya akan diambil oleh Petugas BPJS Kesehatan setiap minggunya, diproses, kemudian jika berkas sudah lengkap dan berhasil di daftarkan maka selanjutnya peserta tinggal menunggu proses pembayaran.

"Peserta hanya perlu meletakkan berkas di dropbox, nanti setiap 1 (satu) minggu petugas BPJS Kesehatan akan ambil berkasnya," ungkapnya.

Namun belakangan, penggunaan dropbox kurang berjalan baik, hal tersebut ditunjukkan dengan minimnya berkas pendaftaran yang masuk ke dalam dropbox. Padahal kalau dilihat, pendaftaran melalui dropbox sangat efektif dan efisien.

Berdasarkan hal tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Batam berinisiatif mengundang seluruh perwakilan kantor lurah dan kantor camat. Harapannya dari kedua belah pihak tersebut dapat membantu menginformasikan kepada masyarakat bahwa ada cara yang sangat mudah untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS.

"Walaupun sekarang dropbox hanya ada di kantor camat, harapannya dari pihak kantor lurah juga membantu menginformasikan kepada peserta," kata Maihendra.

Indra selaku perwakilan dari Kantor Camat Bulang mengatakan bahwa dropbox sangat memudahkan masyarakat daerah hinterland seperti Bulang untuk mendaftar karena masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor cabang.

"Bulang itu letaknya jauh dari kota, dan memang dropbox sangat membantu masyarakat kami," ungkap Indra.

Editor: Yudha