Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rayakan Usia ke-16 Tahun, Awal Bros Batam Launching Klinik Sport Pertama di Kepri
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 27-06-2019 | 08:28 WIB
awal-bros.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Direktur Umum RSAB Indonesia, Alfan Awaloedin didampingi Direktur RSAB Batam, Widya Putri dan Spesialis Ortgopedi dan Consultant Sport and Antroscopy, Ronny Susanto (tengah) saat meresmikan sport klinik RSAB Batam. (Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 16 pada Rabu (26/6/2019) kemarin, Rumah Sakit Awal Bros Batam melaunching klinik sport pertama untuk Kepulauan Riau. Diresmikan langsung oleh Direktur Rumah Sakit Awal Bros Batam, dr Widya Putri, sport klinik hadir sebagai bentuk layanan baru bagi masyarakat pecinta olahraga.

"Layanan baru kami, sport klinik memang sengaja kita launching bertepatan dengan ulang tahun kemarin. Sport klinik ini nantinya melayani pasien yang cedera akibat olahraga. Baik itu atlet ataupun orang biasa. Supaya mereka bisa melatih lagi ototnya yang cedera saat bertanding atau olahraga," ujarnya saat ditemui, Kamis (27/06/2019).

Widya melanjutkan, sport klinik ini menjadi solusi perawatan jika mereka cedera agar tidak pensiun dini. Ditangani secara khusus, sport klinik tidak hanya menyediakan pelayanan kesehatan dari dokter ortopedi serta rehab medik saja, namun ada juga penanganan dari sisi psikologi.

"Selama ini di Kepri belum ada yang one stop service seperti ini. Jadi penanganannya terhadap pasien kategori ini masih minim. Sekarang alat-alat kami juga sudah lengkap. Tujuannya kita harap para atlet yang cedera tetap bisa berkarir kembali," tuturnya.

Apalagi menurutnya, di Kepri ada banyak pesepakbola. Lalu masyarakatnya juga cukup banyak yang bermain di beberapa cabang olahraga seperti badminton, futsal, sepeda, golf.

"Turnamen-turnamen olahraga tertentu sering dibuat di sini, dan selalu banyak peminatnya. Selama ini mungkin mereka yang mengalami cedera olahraga berobatnya ke luar negeri, padahal di dalam negeri sudah ada. Dengan launching nanti kami berharap orang awam tahu, dan kalau atlet minimal mencegah dia pensiun dini akibat cedera," lanjutnya.

Sementara itu, Spesialis Ortgopedi dan Consultant Sport and Antroscopy, dr Ronny Susanto menjelaskan, untuk jenis pasien yang akan mendapatkan penanganan khusus, merupakan para atlet maupun masyarakat yang mengalami cidera mulai dari cidera tendon, ligamen, maupun jenis cidera yang dapat menyebabkan kronik pain atau join intsability.

"Apabila hal ini dibiarkan tidak hanya menyebabkan cidera berkepanjangan, namun juga akan menyebabkan pengapuran menuju usia tua. Selain itu, kita hadir juga sebagai penyedia rekomendasi bagi atlit profesional yang akan mengikuti pra kompetisi, baik untuk tingkat Nasional maupun Internasional," ungkapnya.

Mengenai rekomendasi bagi para atlet profesional ini, hadirnya sport klinik Awal Bros Batam tentu akan menjadi jalan keluar dalam menekan cost bagi para atlet. Untuk atlet asal Kepri biasanya pemeriksaan pra kompetisi dilakukan di rumah sakit yang berada di Singapura maupun di Malaysia.

"Selain itu, selama masa opening ini kita juga hadirkan berbagai promo menarik bagi masyarakat Batam. Jadi bagi Anda pecinta olahraga yang ingin konsultasi, maupun pemeriksaan secara mendalam, kini tidak perlu lagi jauh-jauh karena di Batam sudah ada," ucap Ronny.

Editor: Chandra