Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi II DPRD Bintan Minta Developer Antisipasi Banjir di Kampung Baru Tanjunguban
Oleh : Harjo
Selasa | 25-06-2019 | 17:52 WIB
sidak-dprd-bintan.jpg Honda-Batam
Sidak Komisi II DPRD Bintan di Kampung Baru Tanjunguban.(Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Komisi II DPRD Bintan meminta Developer PT Karya Putra Bintan agar melakukan tindakan antisipasi banjir di areal pemukiman warga sekitar.

Anggota DPRD Bintan, Andreas Salim menyampaikan, dari hasil kroscek langsung oleh komisi II DPRD Bintan, sudah meminta agar pihak developer meninggikan batu miring dan membuat drainase. Kemudian bagian tanah miring tanam rumput untuk menahan longsornya tanah.

"Karena sebelumnya, posisi tanah memang diatas batu miring, sehingga saat hujan air langsung mengalir. Makanya diminta pengembang, agar meninggikan batu miring," ujar Andreas kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (25/6/2019).

Dikatakan, masalah banjir di areal tersebut memang sering terjadi karena tidak ada drainase pembuangan keluar dari parit besar. Sehingga hal ini juga harus dilakukan perbaikan, karena keberadaanya di depan lokasi pengembang maka harus ada perhatian pemerintah untuk membangun parit besar.

"Khusus untuk parit besar dan kelanjutan pembuangan air dari parit kita minta pihak kelurahan agar mengusulkan melalui Musrembang, agar dibangun parit yang besar serta membuat alur jalannya air," katanya.

Andreas menambahkan, antara pihak developer dan pemerintah setempat harus ada koordinasi dalam menjaga lingkungan. Sehingga bisa menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Terutama dalam mengatasi banjir, baik dampak dari pekerjaan pengembang dan juga keterbatasan parit dalam menampung debet air, harus sama-sama dicarikan solusinya.

"Untuk developer, terlihat sudah mulai melakukan penanaman rumput, semoga ini menjadi salahsatu solusi, agar tanah dari perumahan tidak mengalami longsor," imbuhnya.

Editor: Yudha