PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menilik Aktivitas Pasien Instlasi Jiwa RSUD Engku Haji Daud Tanjunguban
Oleh : Harjo
Senin | 24-06-2019 | 18:40 WIB
rsud-uban111.jpg honda-batam
Aktivitas pasien di instalasi jiwa RSUD Engku Haji Daud Tanjunguban. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Keseharian dari para perawat di instalasi jiwa RSUD Engku Haji Daud Tanjunguban, tentunya sesuatu yang sulit dibayangkan karena memang benar-benar membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam menangani para pasien.

Mengurus atau merawat pesien di instalasi jiwa, tentu bulanlah hal yang mudah. Pasien instalasi jiwa memang silih berganti, saat ini ada tiga pasien intlasi jiwa, satu diantaranya perempuan. Dalam merawat pasien, mulai dari pola makan, tidur dan semua kegiatan diatur dan dikontrol oleh perawat.

"Saat ini ada tiga pasien yang kita rawat, salah satunya mantan TKI yang mengalami stres berat. Dua lainnya pasien masih dari wilayah Bintan," ujar kepala ruangan instalasi jiwa, RSUD Engku Haji Daud, Yanti Girsang, Senin (24/6/2019).

Dalam kesehariannya, kegiatan para pasien diatur sedemikan rupa mulai dari pola tidur, makan dan semua aktifitasnya. Hal itu sebagai bentuk atau pola pemulihan jiwa pasien.

"Ada sejumlah kegiatan yang biasa dilakukan untuk mengisi keseharian pasien, seperti bermain catur menyanyi dan lainnya. Hal ini tentunya tetap dalam pengawasan dan bimbingan para perawat," terangnya.

Hal senaga disampaikan Direktur RSUD Engku Haji Daud, dr Kurniakin. Menurutnya, keberadaan instalasi jiwa akan terus dikembangkan, ke depan direncanakan akan ditambahan layanan untuk rehabilitasi khusus para pemakai narkotika.

"Saat ini, kita masih berkoordinasi dengan pihak BNNP Kepri, terkait rencana untuk rehabilitas para pemakai narkoba. Semoga dalam waktu dekat hal tersebut bisa direalisasikan," katanya.

Sebagaimana diketahui instalasi jiwa saat ini ada 16 kamar di instalasi jiwa RSUD. Di mana dari 16 kamar, baru 8 kamar yang dioperasikan.

Editor: Yudha