Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Anambas Persiapkan Tahapan Pilkada 2020
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 24-06-2019 | 18:16 WIB
ketua-kpu-anambas-jufri11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua KPU Anambas, Jufri Budi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Usai melaksanakan Pemilihan Umum dan Legislatif 17 April 2019 lalu, kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas akan mempersiapkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Untuk saat ini tinggal menunggu jadwal penetapan Pemilu dan Pileg. Sementara untuk tahapan Pilkada akan dimulai pada September 2019 mendatang. Itu meliputi persiapan, perencanaan, dan tahapan pelaksanaan," ujar Ketua KPU Anambas, Jufri Budi, Senin (24/6/2019).

Jufri menyinggung, alokasi anggaran tahapan Pilkada akan disupport oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Anambas. Dan keputusannya tetap pada Pemerintah Daerah (Pemda).

"Nanti akan kita koordinasikan kepada Pemerintah Daerah, yaitu Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)," jelasnya.

Jufri memprediksi alokasi anggaran yang diperlukan selama Pilkada cenderung mengalami peningkatan. Pasalnya, letak geografis Anambas yang terdiri dari pulau-pulau menjadi salah satu pertimbangan.

"Kemungkinan tahun ini alokasi anggaran Pilkada bertambah. Kalau tidak salah, pelaksanaan Pilkada kemarin anggarannya sekitar Rp 8 miliar. Nantinya anggaran itu dipergunakan untuk pembentukan Badan ad hoc pada tingkat desa dan kecamatan, termasuk logistik keperluan untuk Pilkada sampai ke TPS yang ada di pulau-pulau. Tentu itu cukup menguras biaya. Berbeda halnya dengan letak geografis daerah yang masih satu daratan. Kami juga belum bisa memastikan angkanya, kami akan mengacu pada divisi program untuk keperluan anggaran itu," terangnya.

Editor: Yudha