Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diikuti 8.433 Peserta, Bersih-bersih Kali Ciliwung Catatkan Rekor Muri
Oleh : Redaksi
Minggu | 23-06-2019 | 13:32 WIB
rekor_muri_ciliwung.jpg Honda-Batam
Menteri LHK Siti Nurbaya menerima secara lasngung piagam rekor muri kegiatan bersih-bersih kali Ciliwung yang membentang dari Bogor ke jJakarta

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kegiatan bersih-bersih Kali Ciliwung yang diadakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatatkan rekor Muri dengan peserta terbanyak membersihkan sungai. Piagam rekor langsung diterima langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya.

"Ibu Menteri dan Bapak-Ibu yang kami hormati, mohon izin saya laporkan ke Ibu bahwa kerja besar bebersih Ciliwung ini yang mulai dari hulu di Cisarua sampai dengan Pademangan yang mencapai 36 titik lokasi dan melintasi 33 kecamatan di Jawa Barat dan Jakarta yang 119 km. Oleh 8.433 peserta. Mohon izin kami nyatakan sebagai rekor Muri," ujar Senior Manager Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri), Yusuf Nasri, saat memberikan piagam, di Yayasan Bambu Indonesia, Cibinong, Bogor, Minggu (23/6/2019).

Yusuf juga mengatakan kegiatan bersih Kali Ciliwung ini tercatat sebagai rekor Muri dalam hal luas kawasan yang dibersihkan. Lebih dari 69 km kawasan sungai dibersihkan.

Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya menyambut baik catatan rekor tersebut. Dia berharap ada manfaat dari kegiatan ini.

"Hari ini saya dapat laporan ini diobservasi oleh Muri dan bermanfaat jauh dari peristiwa hari ini. Oleh karena itu, terima kasih tak terhingga," imbuh Siti.

Bersih-bersih Kali Ciliwung dipimpin langsung Menteri LHK Siti Nurbaya bersama Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Kegiatan ini melibatkan lebih dari 8.000 orang yang dilaksanakan di 33 Kecamatan sepanjang Kali Ciliwung.

Sungai dimulai pukul 07.30 WIB. Siti tampak mengenakan baju warna putih-biru bertulisakan #BebersihCiliwung. Sementara Uu, mengenakan kemeja putih dipadukan dengan peci.

Siti memukul kentongan sebagai tanda dimulainya bersih-bersih Kali Ciliwung. Dia bersama Uu selanjutnya mengambil sampah di bantaran Kali Ciliwung lalu dimasukan ke dalam karung.

Sumber: Detikcom

Editor: Surya