Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kesadaran Masyarakat Akan Kebersihan Lingkungan Jauh dari Harapan
Oleh : Hendra Mahyudi
Jumat | 21-06-2019 | 18:04 WIB
tumpukan-sampah11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Mengkritisi masih banyaknya warga yang membuang sampah sembarang tidak pada tempatnya, Kepala Bidang Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Faisal Novrieco mengatakan, kesadaran pentingnya kebersihan lingkungan bagi masyarakat Batam hingga saat ini masih jauh dari kata layak.

Hal ini terlihat dari masih doyannya masyarakat membuang sampah sembarangan, dan parahnya lagi sampah-sampah ini dibuang oleh oknum-oknum nakal tersebut di sekitar area hutan lindung Seitemiang, Tanjungriau, Sekupang.

Himbauan dan sosialisasi akan pentingnya kebersihan lingkungan telah sering disampaikan, bahkan pendidikan sedari usia dini terhadap anak-anak sekolah juga telah dilakukan. Namum ibarat jauh panggang dari api, oknum-oknum nakal masih saja bekerja dengan tangan-tangan liarnya.

"Tanggapan dari saya sudah sering disampaikan, marilah kita sama-sama menjaga lingkungan kita dengan tidak membuang sampah sembarangan. Saya tahu pasti, yang membuang sampah tersebut ada lah orang yang tidak bertanggung jawab," ujar Faisal, Jumat (21/6/2019) siang ini saat dihubungi via telepon.

Faisal juga menjelaskan, bahwa DLH telah membuat tim yustisi kebersihan, di bawah naungan bidang penegakan hukum DLH kota Batam. Ia pun tak mengelak bahwa tim tersebut belum bekerja secara maksimal dikarenakan keterbatasan anggota dan cakupan wilayah kota Batam yang cukup luas.

Sementara itu saat BATAMTODAY.COM mengabarkan perihal adanya tumpukan sampah yang dibuang sembarangan di wilayah hutan lindung Sei Temiang, Faisal sudah tidak merasa terkejut lagi, hanya saja rasa kesal akan tindakan masyarakat yang masih sangat jauh akan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sangat dia rasakan.

Saat itu juga, Faisal langsung mengarahkan anggotanya untuk turun langsung cek lapangan dan membersihkan sampah-sampah tersebut. Ia juga mengatakan, sejauh ini lokasi jalan tersebut memang sepi dan bukan jalan protokol, sehingga menjadi lokasi yang pas buat masyarakat atau oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuang sampah liar di pinggir jalan.

"Ada bagusnya sampah itu dibawa sedikit ke lokasi TPS Tanjungriau, kan enak. Di sana ada bin kontainer dan bisa dibuang langsung. Tapi karena memang kesadaran masyarakat Batam masih kurang peduli terhadap lingkungan serta kebersihan disekitar tempat tinggal," pungkas Faisal.

Editor: Yudha