Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sampah Produk Makanan Kadaluarsa Berserakan di Pinggir Jalan Seitemiang
Oleh : Hendra Mahyudi
Jum\'at | 21-06-2019 | 17:16 WIB
sampah-temiang1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Tumpukan sampah produk makanan di tepi Jalan Seitemiang. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sampah bekas produk makanan kadaluarsa atau expired dibuang sembarangan oleh tangan-tangan nakal di area pinggir jalan kawasan hutan lindung Seitemiang, Tanjungriau, Sekupang.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, terlihat tumpukan sampah tersebut seperti produk makanan siap saji impor. Diantara tumpukan sampah tersebut turut terdapat produk lain seperti popok bayi, dan juga tikar bekas.

Andul Haziz, seorang warga yang melintasi area turut merasa prihatin akan sampah-sampah yang dibuang tidak pada tempatnya tersebut. Menurutnya hal ini sangat merusak dan membuat lingkungan terlihat menjadi kotor.

"Jorok bang, tak punya etika kayaknya yang buang sampah ini," ujar Abdul singkat.

Sementara itu Lurah Tanjungriau, mengatakan bahwa kemungkinan besar sampah tersebut baru dibuang beberapa hari ini, karena saat timnya melewati jalan tersebut pada hari Kamis (21/6/2019) kemarin, selepas dari rumah duka 3 anak yang tenggelam di kolam, sampah tersebut tidak ada.

"Nanti akan kita tindaklanjuti dengan cek lokasi. Perda nomor 11 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah jelas ada, namun ya kita paham kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih sangat jauh," ujar Lurah Tanjungriau, Agus Sofyan, Jumat (21/6/2019).

Di tempat berbeda, Kepala Bidang Bidang Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Batam, Faisal Novrieco saat dikonfirmasi via telepon mengatakan akan mengarahkan anggotanya langsung untuk ke lapangan perihal sampah-sampah tersebut.

"Makasih informasinya, akan segera saya turunkan anggota ke sana untuk membersihkannya," ujar Faisal.

Faisal tak menampik, di lokasi tersebut jalanan selalu sepi dan bukan jalan protokol sehingga menjadi lokasi yang pas buat masyarakat atau oknum yang tidak bertanggung jawab untuk buang sampah sesuka hati mereka pinggir jalan.

"Akan segera kita bereskan. Ini sudah menjadi perhatian khusus buat kita akan sampah-sampah liar ini. Pasti akan ada tindakan tegas jika kita melihat oknum-oknum nakal ini kedapatan membuang sampah seperti ini," pungkasnya.

Editor: Yudha