Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Karimun Temukan 101 Kasus DBD pada Semester I tahun 2019
Oleh : Wandy
Jumat | 21-06-2019 | 09:52 WIB
kadinkes-karimun3.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kadis Kesehatan Kabupaten Karimun Rahmadi. (Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun menemukan sebanyak 101 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) hingga pertengahan Juni atau dalam semester pertama 2019. Jumlah tersebut mengalami kenaikan signifikan dibandingkan tahun 2018 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rahmadi mengatakan, meski perbandingan tahun sebelumnya terjadi kenaikan, namun angka kasus DBD dari Januari hingga Juni 2018 cenderung alami penurunan signifikan.

"Pada Januari dan Februari saja kita temukan sebanyak 71 kasus, justru di tahun lalu pada semester yang sama cenderung alami penurunan di awal tahun namun melonjak di September 2018 atau akhir tahun," kata Rahmadi, Jumat (21/6/2019).

Rahmadi juga memaparkan, di bulan Januari ditemukan sebanyak 36 kasus DBD, Februari sebanyak 35 kasus, Maret 10 kasus, April 7 kasus, Mei 9 Kasus dan Juni hingga sekarang 4 kasus.

"Untuk kasus DBD terbanyak ditemukan di wilayah Tanjungbatu Kundur dengan 25 kasus. Banyaknya ditemukan kasus di Tanjungbatu Kundur juga merupakan hal baru, karena selama ini kasus DBD terbanyak selalu terjadi di Kecamatan Tebing dan Karimun," ungkap Rahmadi.

Meski tercatat 101 kasus DBD pada tahun 2019, namun pihaknya belum mendapatkan penderita yang meninggal dunia. "Alhamdulillah, belum ada yang meninggal dan kita harapkan sampai akhir tahun nanti angka tidak naik dan jumlah kasus meninggal dunia juga nihil," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan dengan menggiatkan 3M Plus terhadap daerah yang banyak ditemukan kasus. Selain itu, juga meminta kepada masyarakat untuk terus waspada dan sama-sama berpatisipasi melakukan pencegahan.

"Kita minta masyarakat ikut berperan aktif dan sama-sama mencegah. Apabila ada gejala DBD, segera laporkan ke Puskesmas ataupun rumah sakit, agar segera ditangani sehingga penyakit tersebut tidak berkembangbiak didalam tubuh," pungkasnya.

Editor: Chandra