Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dewan Pers Putuskan Tulisan Tempo Soal Tim Mawar Adalah Produk Jurnalistik Investigasi
Oleh : Redaksi
Selasa | 18-06-2019 | 19:29 WIB
dewan-pers11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Dewan Pers.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dewan Pers telah selesai meminta keterangan Majalah Tempo mengenai laporan utama media itu pada edisi 10 Juni 2019 yang menulis mengenai dugaan keterlibatan personel Tim Mawar dan kerusuhan di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada pertengahan Mei 2019 lalu.

Sejumlah perwakilan redaksi Tempo sudah ditanyai terkait proses pencarian berita, proses pengumpulan informasi, hingga tahap verifikasinya.

"Kesimpulan pertama kami bahwa itu adalah produk jurnalistik investigasi yang sesuai dengan azas-azas yang dituntut untuk berita investigasi," kata Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Chairudin Bangun, di Kantor Dewan Pers Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Meski demikian, Hendri mengatakan pernyataannya ini bukan merupakan keputusan Dewan Pers dan bukan putusan final.

Mantan komandan Tim Mawar, Mayor Jenderal (purn) Chairawan melaporkan Majalah Tempo ke Dewan Pers, pekan lalu. Chairawan keberatan dengan tulisan Tempo tentang jejak Tim Mawar dalam kerusuhan 22 Mei di depan Gedung Bawaslu, Jakarta.

Sebelum memeriksa Tempo hari ini, Dewan Pers sudah meminta penjelasan Chairawan.

Dewan Pers juga menegaskan bahwa mereka mengapresiasi langkah Chairawan mengadukan media ke Dewan Pers, dan sudah menindaklanjuti laporan itu dengan memeriksa para pihak.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha