Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soal Temuan Limbah B3, BP Batam akan Koordinasi dengan Pemko Batam
Oleh : Nano
Selasa | 18-06-2019 | 14:04 WIB
BP_Batam2.jpg Honda-Batam
BP Batam

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktur Promosi dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Budi Santoso menyatakan akan segera berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota (Pemko) Batam, menanggapi adanya dugaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Hasil sidak yang dilakukan oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi, Jumat (14/6/2019) lalu.

Koordinasi antara dua instansi Pemerintahan ini, menurutnya perlu dilakukan mengingat pihak BP Batam sebagai pihak pemberi izin, dan juga pemberi ketentuan dan syarat import bagi 4 Perusahaan yang saat ini dicurigai mengimport limbah B3 ke Batam.

"Hal ini segera kita koordinasikan dengan instansi terkait yang saat ini melalukan pengecekan dan pengawasan tentang hasil pengujian sampel (Bea Cukai)," ujarnya, Selasa (18/06/2019).

Apabila hasil pemeriksaan membuktikan produk import mengandung limbah B3, pihaknya akan segera menindaklanjuti maupun memberikan sanksi bagi perusahaan. Sementara itu, sejauh ini pihaknya belum menerima keluhan pengusaha secara langsung. Pihaknya mengetahui keluhan pengusaha melalui berita yang beredar di media cetak maupun online.

"Kita tahu dan membaca dari media bahwa keluhan pengusaha telah melakukan pekerjaan impor bahan plastik tersebut sudah bertahun tahun dan selalu tidak ada masalah. Tetapi pemberitahuan secara resmi tertulis BP Batam belum menerima," paparnya.

Editor: Surya