PKP

Kue Khas Asal Lingga Ini Masuk Nominasi API 2019
Oleh : Bayu
Selasa | 18-06-2019 | 13:16 WIB
kue_khasidah_lingga.jpg honda-batam
Kue dengan nama Khasidah, kue khas asal Kabupaten Lingga (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Kue khas tradisional asal Kabupaten Lingga berhasil masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler, berada di posisi daftar lima teratas. Kue dengan nama Khasidah ini mengalahkan kue Talam Durian dari Kota Pekanbaru yang berada di bawahnya.

Selain Kue Khasidah, pemerintah Kabupaten Lingga melalui Disparpora juga mengusulkan makanan lainnya. Namun, dari sekian yang diusulkan, terpilih Kue tersebut.

"Ada banyak makanan khas yang kita usulkan, termasuk Kue Khasidah ini. Jadi kue khas daerah kita akan bersaing dengan kue dari 9 daerah lainnya yang juga masuk nominasi," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lingga, Raja Fahrurrazi melalui Kepala Bidang (Kabid) Promosi dan Pemasaran Pariwisata, Susi Yenty, Selasa (18/6/2019)

Susi menjelaskan, pada ajang API ada 18 kategori yang dilombakan. Setiap kategori, Kabupaten Lingga mengusulkan wakilnya, namun hanya di kategori Makanan Tradisional Terpopuler yang berhasil masuk nominasi.

"Tahun sebelumnya kita yang masuk itu Gunung Daik dalam kategori dataran tinggi, tapi kita kalah karena yang vote sedikit dibandingkan nominasi dari daerah-daerah lainnya," ujarnya

Dengan demikian, ia berharap masyarakat Kabupaten Lingga dan Kepri umumnya dimana pun berada dapat ikut memvote Kue Khasidah ini. Sehingga kue perwakilan dari Negeri Bunda Tanah Melayu bisa keluar sebagai pemenang.

"Saya harap semuanya dapat mendukung Kue Khasidah ini. Caranya cukup vote melalui SMS, ketik API (spasi) 1E, kemudian kirim ke 99386," terangnya

Diketahui, periode pemungutan suara (Voting) berlangsung mulai 1 Juni-31 Oktober 2019. Kemudian Malam Anugerah Pesona Indonesia 2019 (Pengumuman juara) dilaksanakan pada 21 November 2019.

Editor: Surya