Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

50 Pesepeda Asal Singapura Jajal Jalanan Kota Batam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Sabtu | 15-06-2019 | 19:04 WIB
pesepeda-singapura1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pesepeda asal Singapura bersiap untuk menjelajahi jalanan Kota Batam (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan penikmat olahraga sepeda dari Singapura jelajahi Kota Batam. Berkunjungnya puluhan pesepeda ini karena jalanan Kota Batam yang dinilai menantang.

Sebanyak lebih dari 50 para penggiat olahraga sepeda yang berasal dari Singapura ini menybangi Kota Batam melalui pelabuhan ferry internasional Sekupang.

Pimpinan rombongan pesepeda, Collin mengatakan, sebanyak 50 anggotanya ini datang ke Batam membawa peralatan yang lengkap dari Singapura.

"Mulai dari peralatan kecil hingga sepeda kami bawa langsung dari Singapura untuk jelajahi wisara jalanan Batam yang sangat menantang," kata Collin saat ditemui di Sekupang, Sabtu (15/6/2019).

Dirinya mengatakan, saat ini 50 pesepeda ini dikatakannya merupakan pesepeda Newbie (pemula), yang rata-raya kecepatannya mencapai 20-25 km/jam. Dipilihnya Batam sendiri karena menurutnya Batam memiliki jalur yang bervariasi dan tidak akan bisa dijumpai di Singapura.

"Contour landscape Batam menantang. Jalan rayanya juga sudah semakin lebar," ujarnya.

Para pesepeda ini bergerak dari Sekupang menuju jembatan Barelang, melalui Batuaji. Jalur trans Barelang diminati untuk aktivitas bersepeda karena menyuguhkan pemandangan alam yang indah.

"Jadi kami bisa bersepeda sambil menikmati view di sepanjang jalan Trans Barelang," tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata menyambut baik para tamu asal Singapura ini. Menurutnya, olahraga memang menjadi satu dari sembilan aktivitas pariwisata yang dikembangkan Batam.

"Sport tourism ini sangat berpotensi dikembangkan di Batam. Jalanan Batam yang sudah diperbaiki cocok bagi pesepeda dan jalurnya juga menantang untuk mereka. Tentu perlu lebih banyak event untuk menarik pehobi olahraga seperti ini," ungkapnya.

Mantan Kepala Bagian Humas Pemko Batam ini mengatakan selain sepeda, golf juga menarik bagi wisatawan mancanegara. Batam memiliki banyak lapangan golf yang lokasinya beragam, mulai dari tengah kota sampai tepi laut sehingga menawarkan variasi pilihan bagi para pegolf.

"Dan tentunya wisata bahari yang juga menarik bagi penikmat olahraga air dan bawah laut. Seperti jetski, snorkeling, dan diving," tutupnya.

Editor: Yudha