Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nurdin Basirun Minta RSUD Natuna Layani Masyarakat dengan Ikhlas dan Sabar
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 14-06-2019 | 19:16 WIB
nurdin-rsud-natuna1.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri Nurdin Basirun berbincang dengan salah seorang pasien RSU D Natuna. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Gubernur Nurdin Basirun mengatakan, protes dan komplein yang sering diungkapkan masyarakat, atas pelayana di Rumah sakit, hendaknya menjadi masukan dan motivasi bagi pekerja Medis untuk terus meningkatkan pelayanan maksimal pada masyarakat.

"Saya tahu para pekerja di rumah sakit ini selalu memberi pelayanan maksimal. Tapi protes masyarakat selalu muncul ingin pelayanan semakin baik lagi. Karena itu, protes-protes itu harus dijadikan masukan untuk memberi layanan semakin hari semakin baik," ujar Nurdin saat meninjau RSUD Natuna di Ranai, Jumat (14/6/2019).

Nurdin juga menyatakan, yakin di RS Natuna itu banyak koreksi dari masyarakat, tetapi dikatakan, koreksi dan masukan tersebut, harus menjadi motivasi. Paramedis dan perawat serta managemen RS harus sabar, dan kekurangan harus diperbaiki.

"Terus beri layanan dengan ikhlas dan sabar pada masyarakat," ujarnya.

Nurdin juga mengatkan, rumah sakit ini adalah pelayanan dasar. Secara umum semuanya harus dimaksimalkan. Ketika peningkatan sumber daya manusia menjadi prioritas, di situlah kesehatan menjadi penting.

Gubernur, yang didampingi Sekdaprov H TS Arif Fadillah menyampaikan pencegahan lebih penting dari pengobatan. Dalam kunjungan itu, Nurdin mendapat laporan bahwa Natuna kasus hipertensinya merupakan yang tertinggi di Indonesia. Demikian juga dengan kasus diabetes. Belakangan, kecelakaan juga banyak pasiennya.

Karena itu, untu mengurangi itu, Nurdin mengajak semua untuk mengurangi konsumsi penyebab hipertensi. Termasuk juga penyebab diabetes.

Nurdin juga menyampaikan selain terus meningkatkan pelayanan kesehatan, sarana dan prasarana harus mendukung. Ada beberapa hal untuk mendukung pelayanan masyarakat.

Dalam peninjauan tersebut, beberapa peralatan menjadi perbincangan untuk ditambah. Diantaranya CT Scan dan Oxigen Central.

"Gedung bagus, alat bagus. Tingkatkan profesionalisme dengan memberi layanan yang terus membaik," kata Nurdin sambil memohon maaf jika kunjungannya menganggu aktivitas di RSUD Natuna.

Nurdin juga melakukan dialog-dialog dengan pasien dan keluarganya. Dalam kesempatan itu, Nurdin menyarankan kepada Kadis Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana untuk mempersiapkan pembangunan rumah singgah.

Nurdin juga berpesan kepada Kadis Kesehata agar di serata rumah sakit mengedepankan pelayanan. Kalau ada orang sakit jangan tanya administrasilah. Rawatlah. Terlebih yang tidak tercover BPJS.

Editor: Yudha