Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nyat Kadir Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pemuda di Lingga
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum\'at | 14-06-2019 | 12:40 WIB
nyat-batu-pertama.jpg Honda-Batam
Anggota Komisi VI DPR RI, Drs Nyat Kadir saat melakukan peletakan batu pertama Gedung Pemuda di Lingga, Jumat (14/6/2019). (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Anggota Komisi VI DPR RI, Drs Nyat Kadir melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Gedung Pemuda di Kabupaten Lingga, Jumat (14/6/2019) pagi. Peletakkan bersamaan dengan dibangunnya langsung gedung tersebut.

Nyat Kadir berharap dengan dibangunnya gedung ini, para pemuda-pemudi di Lingga bisa menuangkan ide-ide kreatif terutama dalam mendukung program pembangunan di daerah.

"Jangan setelah dibangun, gedung ini tidak difungsikan seperti kata Pak Rusli tadi," kata dia saat memberikan sambutan di hadapan Ketua KNPI Lingga Safaruddin, sejumlah OKP, Asisten I Bupati Lingga Rusli Ismail dan beberapa kepala OPD yang hadir dalam peletakkan batu pertama itu.

Nyat Kadir bercerita awal pembangun Gedung Pemuda merupakan usulan dari Ketua KNPI Lingga saat dia melakukan reses dua tahun lalu. Saat itu Ketua KNPI beberapa sahabatnya mengajukan proposal dengan harapan gedung ini bisa terealisasi untuk mewadahi pemuda. Alhasil, berbagai upaya dan kerja keras akhirnya bisa terealisasi.

"Awal pertama saya mau menghubungi Menpora, berpikir gedung ini bisa dibangun mereka. Tetapi kemudian saya batalkan niat itu. Mengingat kebetulan saya yang berada di Komisi VI DPR RI membawahi beberapa BUMN, di mana ada 40 perusahan besar seperti Pertamina, ASDP, Bank plat merah. Jadi mereka ada CSR, saya pikir di situ bisa membantu usulan ini. Dan akhirnya setelah 2 tahun terwujud dari Pertamina," jelasnya.

Menurut Nyat dana pembangunan gedung itu lebih kurang Rp 600 juta yang diberikan dari dana CSR Pertamina. Meski realisasi lama, tetapi dia mengaku alhamdulillah bisa terwujud.

"Saya sendiri tak berhenti ditelpon Ketua KNPI, didesak terus. Pertamina juga bertanya kok dibangun di Lingga, minyak tak ada. Mau dipindah ke Batam, saya bilang tak mau, itu kampung halaman saya. Jadi alhamdulillah Pertamina juga sudah melakukan MoU bersama Bupati," tuturnya lagi.

Selain Gedung Pemuda, beberapa dana CSR dari berbagai perusahaan BUMN sudah disiapkannya untuk membantu usulan aspirasi dari masyarakat Lingga. Terutama pembangunan masjid.

Ketua KNPI Lingga, Safaruddin mengucapkan ribuan terima kasih kepada Nyat Kadir. Atas bantuan Nyat Kadir Gedung Pemuda di Lingga bisa tercapai.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Bupati Lingga yang diwakili oleh Asisten I Rusli Ismail. Menurut Rusli tidak hanya Gedung Pemuda, banyak bantuan lain yang diharapkan masyarakat.

"Pak Nyat menjadi tempat peraduan kami di Pusat. Kami masyarakat Lingga bertanya-tanya apakah Pak Nyat naik kembali menjadi anggota DPR. Alhamdulillah Tuhan masih memberikan kesempatan," tutur Rusli.

Diketahui, dalam peletakkan batu pertama Gedung Pemuda ini, Nyat Kadir dampingi oleh Ketua KNPI Lingga Safaruddin, Asisten I Bupati Lingga, Rusli Ismail, Kapolsek Lingga, Danramil, beberapa Kepala OPD serta sejumlah pengurus OKP yang ada di Lingga. Proses peletakkan berjalan dengan lancar.

Editor: Gokli