PKP

KLHK Lakukan Kegiatan Deteksi Dini Hotspot Cegah Karhutla
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 14-06-2019 | 13:28 WIB
kebakaran_lahan11.jpg honda-batam
Ilustrasi Karhutla

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupaya mengendalikan ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Upaya pencegahan itu di antaranya dengan kegiatan pencegahan dan deteksi dini titik panas (hotspot).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian LHK Djati Witjaksono Hadi mengatakan, sebagian wilayah memasuki musim kemarau bulan ini karena pengaruh fenomena El Nino moderat. Kemarau inilah yang diakuinya membuat kekeringan terjadi dan bisa menyebabkan karhutla. Ancman ini membuat Kementerian LHK melakukan antisipasi.

"Untuk pengendalian kebakaran, Kementerian LHK mengutamakan kegiatan pencegahan dengan melakukan deteksi dini hotspot, patroli terpadu dengan TNi Polri, Manggala Agni, dan aparat daerah," kata Djati dalam keterangannya, Kamis (13/6/2019).

Selain itu, dia melanjutkan, antisipasi yang dilakukan memperbanyak embung-embung air dan melakukan konservasi tanah dan air baik kegiatan sipil teknis seperti pembuatan gully plug, terasering dan lainnya.

Kemudian, dia melanjutkan, Kementerian LHK melakukan rehabilitasi lahan kritis untuk mencegah erosi dan kekeringan, koordinasi dengan instansi terkait dalam pengelolaan Daerah aliran Sungai (DAS).

Editor: Surya