PKP

Bakar Kalori Pasca Lebaran, Prajurit Lanud RHF Gelar Cross Country
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 13-06-2019 | 17:52 WIB
cross-country-lanud.jpg honda-batam
Prajurit Lanud RHF Gelar Cross Country. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Seluruh prajurit Pangkalan Udara Raja Haji Fisabililah (RHF) Tanjungpinang mengikuti cross country, Kamis (13/6/2019) pagi.

Kegiatan ini dimulai dari Gedung Expo Bintan, dengan berlari menyusuri rute yang telah ditetapkan sekitar 2,5 km, dan finish di daerah Sei Jang Tanjungpinang.

Komandan Lanud RHF, Kolonel Pnb Elistar Silaen, mengatakan saat lebaran, biasanya setiap orang selalu berusaha untuk mengatur pola makan agar tidak berlebihan. Namun untuk menerapkannya memang sangat sulit. Akibatnya tubuh menyimpan kalori berlebih yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

"Untuk membakar kalori berlebih pada setiap prajurit pasca lebaran," ujar Elistar.

Ia menjelaskan seluruh prajuritnya untuk melaksanakan cross country atau lari ala militer. Dimana setiap prajurit mengenakan pakaian dinas lapangan (PDL) TNI lengkap berlari sambil membawa senjata laras panjang.

Seluruh Prajurit Lanud RHF mengikuti kegiatan tersebut terkecuali prajurit yang sedang menjalani pendidikan, dinas khusus, ataupun dinas luar.

"Apabila ada prajurit yang kurang fit agar tidak dipaksakan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Elistar memaparkan dalam pelaksanaan cross country tersebut, prajurit dibagi masing ke dalam 10 regu, di mana satu regu terdiri dari 6 sampai 7 orang. Keberangkatan diurutkan dari setiap regu pertama hingga terakhir dengan jeda waktu 1 menit setiap regunya. Di mana setiap regu tersebut akan saling bersaing menjadi yang tercepat dan terkompak.

"Penilaian berdasarkan waktu tempuh, yang dilihat dari peluncur atau orang pertama yang finish, lalu waktu orang terakhir, dan waktu keduanya dijumlahkan," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa selain untuk membakar kalori berlebih pada setiap prajurit pasca lebaran juga untuk melatih fisik prajurit.

"Untuk me-maintenance kemampuan fisik kemiliteran setiap prajurit Lanud RHF, sehingga selalu terbina, terjaga fisik serta kemampuannya, sehingga selalu siap dalam melaksanakan tugas," tutupnya.

Editor: Yudha