Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antarkan Hakim Pindah Tugas, Sidang di PN Tanjungpinang Terbengkalai
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 11-06-2019 | 18:16 WIB
ruang-sidang-tpi1.jpg Honda-Batam
Ruang sidang di PN Tanjungpinang kosong melompong. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sidang perkara pidana dan perdata di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Selasa (11/6/2019), terlihat sepi. Sejumlah hakim masih sibuk bersilaturahmi, mengantarkan dua hakim yang pindah tugas.

Akibatnya, puluhan terdakwa kasus pidana yang telah tiba dan berada di sel tahanan PN Tanjungpinang dan saksi terpaksa menunggu sidang hingga sore.

Pantauan wartawan di PN Tanjungpinang dari pagi hingga pukul 14.45 WIB, terlihat hanya satu majelis hakim yang melaksanakan sidang di ruang Candra. Sementara dua ruang sidang lain terlihat lengang dan kosong melompong.

Humas PN Tanjungpinang Santonius Tambunan SH, yang dikonfirmasi terkait hal itu mengatakan sejumlah hakim sebelumnya telah melaksankan sidang perdata dan pidana.

"Ini keluar sebentar mau bersilaturahmi, mengantarkan hakim yang akan pindah tugas," sebut Santonius.

Sementara itu, Sipir Kejaksaan Negeri Tanjungpinang yang melakukan pengawalan tahanan mengatakan, dari 18 terdakwa pidana yang diperintahkan dibawa untuk menjalani sidang, hingga pukul 14.45 Wib, baru 9 terdakwa yang sidang.

Hal yang sama juga terjadi pada tahanan Kejaksaan Negeri Bintan. Dari 10 terdakwa yang dibon dan dibawa dari Rutan ke PN Tanjungpinang untuk sidang, justru hingga pukul 14.45 Wib, belum satu terdakwa pun yang disidangkan.

Editor: Yudha