Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Megawati: Siapa Punya Istri Lebih dari Satu, Ngacung?
Oleh : Taufik/Tunggul Naibaho
Selasa | 25-01-2011 | 16:16 WIB
Megawati1.jpg Honda-Batam

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Ist)

Jakarta, batamtoday - "Coba ngaku siapa di sini yang punya istri lebih dari satu, angkat tanganya,?" tanya Megawati Soekarnoputri dengan nada agak tinggi kepada seratusan Kepala Daerah kader PDIP di Kantor Sekretariat DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa 25 Januari 2011.

Namun pertanyaan Mega tersebut hanya dijawab dengan senyum-senyum oleh para kepala daerah yang memang didominasi kaum lelaki. Beberapa tampak ragu untuk mengacungkan, namun akhirnya semua hanya menjawab dengan senyum-senyum saja.

Megawati lalu menasihati para kepala daerah di depanya, kiranya sebagai suami harus memiliki pengertian dan menghayati betapa susahnya menjadi istri, dan meminta para kepala daerah kader PDIP untuk tidak melakukan praktek poligami.

" Seorang istri hamil selama 9 bulan, itu bukan perkara yang gampang, lho," kata Mega.

"(Hamil) 9 bulan itu sakit. lho," tandas Mega kepada para kadernya yang sebagian besar memang belum pernah hamil.

Mantan Presiden itu mengaku berang setiap kali mendengar ada ibu-ibu curhat soal kelakuan suaminya yang menikah lagi meski sudah punya banyak anak.

"Bapak-bapak yang cerdas dong. Masak kawin lagi, enak aja," tukas Mega yang direspon para Gubenur dan Bupati se Indonesia itu, lagi-lagi dengan senyum simpul.

Megawati juga mengaku sering trenyuh saat mendapat cerita dari para TKI, baik yang berasal dari Indramayu, Cirebon dan daerah pantura lainya. Para TKW itu pergi kerja ke luar negeri, kata Mega, berkorban demi keluarga, namun ketika kembali ke tanah air, suaminya sudah kawin lagi.

"Kan kelewatan, istri pergi jauh-jauh cari uang, ekh, suami malah kawin lagi," ujar Mega.