PKP

Tinjau KEK Galang Batang, Nurdin Minta PT BAY Kelola Lingkungan dengan Standard Internasional
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 03-06-2019 | 16:40 WIB
nurdin-galang-batang1.jpg honda-batam
Gubernur Kepri Nurdin Basirun tinjau KEK Galang Batang, Bintan. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Lakukan peninjuan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang milik PT BAY di Bintan, Nurdin Basirun meminta pengelola kawasan Industri strategis KEK Galang Batang melakukan pengelolaan lingkungan sesuai dengan standard Internasional.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang Bintan, yang progress investasinya semakin diminati para Investor, dikatan Nuedin, harus dikelola dengan memperhatikan lingkungan.

Selain melihat konsep pengelolaan lingkungan, do KEK ini Nurdin juga mrlihat peta progres pengembangan KEK Galang Batang yang dilakukan PT BAY sebagai pengola. Dikawasan itu Nurdin juga melakukan penjinjauan pelabuhan sebagai pintu masuk dan keluar berbagai arus logistik.

"Bagaimana kawasan industri Galang Batang ini agar lingkungannya terjaga dengan skala internasional, karena tentu akan berimbas bagi kawasan serta pemukiman disekitar," sebut Nurdin.

Oleh Karena itu, sambung Nurdin, lingkungan dinkawasan tersebut diminta agar dijaga melalui pengelolaan longkungan bwrstandard Internasional.

"Apalagi, kawasan KEK ini merupakan salah satu proyek strategis yang disetujui Presiden Joko Widodo," sebut Nurdin.

Nurdin juga mengatakan, dalam rangka mengawal setiap kebutuhan masyarakat dalam upaya untuk terus mengembangkan daerah, Nurdin mengaku hari libur sekalipun dikanfaatkanya, untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Dan salah satunya, kata Nurdin, kedatanganya ke KEK Galamg Batang merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk terus hadir dan melihat secara langsung kondisi dan kendala yang terjadi di lapangan.

"Jadi jika ada kendala segera kita cari solusi dan selesaikan, tapi dari pantauan tadi sudah berjalan baik, namun akan terus kita pertahankan kondisi ini," kata Nurdin.

Mengelola industri sebut, Nurdin, juga salah satu upaya penting dalam mencapai kesejahteraan baik bagi daerah maupun masyarakat tentunya, terlebih dapat terus mendorong investasi agar semakit melesat kencang.

"Pemerintah terus mendorong investasi guna menjawab kebutuhan masyarakat serta meningkatkan roda perekonomian," tambahnya.

Dan yang paling penting dari semua itu adalah tenaga kerja lokal, yang selalu Nurdin tekankan dalam setiap kesempatan. Maka dirinya menghimbau kepada pihak Galang Batang agar terus memprioritaskan tenaga kerja lokal.

"Sumber daya manusia lokal tetap menjadi prioritas utama dalam menjalankan setiap aktifitas terlebih kawasan industri, tenaga kerja lokal menjadi fokus penting yang saat ini telah baik dan kedepan harus semakin ditingkatkan lagi,"pungkasnya.

Dari pantauan Nurdin kelokasi yang ditemani oleh Direktur PT. BAI Santoni adalah para pekerja terus melakukan percepatan pembangunan. Adapun dari informasi yang didapat dalam sehari saja penggunaan semen mencapai 1.500 ton.

Pengembangan kawasan yang terus dipercepat dan dikerjakan sejalan dengan pembangunan tahap kedua dari Kawasan ini sendiri ditargetkan akan selesai pada tahun 2020 dan dapat bisa langsung berjalan serta akan menjadi yang terbesar se-Indonesia.

Editor: Yudha