Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menkes Imbau Pemudik Periksa Kesehatan Sebelum Berangkat
Oleh : Redaksi
Sabtu | 01-06-2019 | 10:16 WIB
mudik-cek-kesehatan.jpg Honda-Batam
Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek. (Kemenkes)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mudik jadi momen yang dinanti oleh sebagian masyarakat Indonesia, bisa bertemu orangtua, keluarga besar, dan pergi liburan.

Untuk bisa melakukan hal itu, yang penting diperhatikan oleh pemudik adalah kondisi kesehatan fisik dan mental.

Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek menekankan agar cek kesehatan sebelum mudik. "Kalo bisa sebelum berangkat cek kesehatan, karena itu ada pos kesehatan, ada 6.047 fasilitas kesehatan. Cek tekanan darah, gula darah, periksa stress juga," katanya saat ngabuburit bareng pers dan wartwan di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (28/5/2019) lalu, seperti dikutip situs resmi Kemenkes RI.

Menkes menambahkan perencanaan sebelum mudik harus dilakukan. H-6 mudik seharusnya badan harus dijaga betul, jadi ketika berangkat badan sudah fit.

"Sehat penting, kami (Kemenkes) bersama Kemenhub, Polri, dan sektor lain yang terkait kita menyatu dalam pelaksanaan mudik ini. Yang bawa mobil harus sehat, jangan minum alkohol," tambah Menkes.

Kemenkes menyediakan 6.047 Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk mudik tahun ini yang terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 RS sekitar jalur pantura, 144 RS Rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun lalu sebesar 3.910.

Editor: Gokli