Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Saat Mudik, Kartu JKN Bisa Digunakan di Semua Faskes
Oleh : Redaksi
Jumat | 31-05-2019 | 19:04 WIB
jkn-sakti-19.jpg Honda-Batam
Kemenkes saat ngabuburit bareng pers dan wartawan di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr Bambang Wibowo, SpOG, MARS mengingatkan agar pemudik jangan lupa membawa kartu JKN. Sebab, risiko masalah kesehatan atau kecelakan bisa terjadi saat mudik.

"Sama seperti tahun lalu, siapapun yang punya kartu JKN, ketika mudik bisa digunakan di mana saja, apalagi emergency. Ini kemudahan yang difasilitasi," katanya, saat ngabuburit bareng pers dan wartawan di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (28/5/2019), seperti dikutip situs resmi Kemenkes.

Dirjen Bambang menambahkan, ketentuan JKN bisa digunakan di Faskes manapun saat mudik sudah dilakukan sejak 2 tahun lalu. Dia mengaharapkan walau bagaimanapun JKN jangan sampai digunakan, artinya semuanya sehat dan selamat sampai tujuan.

"Kami harapkan pemudik jangan sampai menggunakan JKN, itu artinya pemudik sehat, dan selamat sampai tujuan. Untuk itu perlu menjaga kesehatan sejak sebelum berangkat mudik hingga saat mudik bahkan ketika balik," kata Dirjen.

Senada dengan Dirjen, Menkes Nila juga menginginkan jangan sampai pemudik sakit, apalagi sampai masuk rumah sakit atau kecelakaan. Istirahatlah ketika lelah, atau setelah menempuh perjalanan 4 jam bagi pemudik menggunakan mobil dan 2 jam bagi pemudik yang menggunakan motor.

"Merencanakan itu utama, yang paling bahaya itu mengantuk saat berkendara," kata Nila.

Selain itu, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr Kirana Pritasari, MQIH mengatakan untuk menjaga kesehatan harus dimulai dari diri sendiri. "Kesehatan saat mudik harus dimulai dari diri sendiri. Persiapkan bekal yang kita bawa, kalau kita bawa anak harus hati-hati jangan makan di sembarang tempat, lebih baik kita bawa bekal. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun," pesanya.

Editor: Gokli