Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Roberto Martinez dan Ronald Koeman Calon Pelatih Baru Barcelona
Oleh : Redaksi
Rabu | 29-05-2019 | 16:52 WIB
roberto-martinez1.jpg Honda-Batam
Roberto Martinez diklaim masuk radar manajemen Barcelona. (REUTERS/Sergio Perez)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Meski manajamen Barcelona menyatakan posisi Ernesto Valverde aman untuk musim depan, namun rumor pengganti pelatih 55 tahun itu di Camp Nou tetap bermunculan.

Dalam 24 jam terakhir ada dua nama baru calon pengganti Valverde yang muncul. Media Spanyol, Marca, menyebut dua nama calon pelatih Barcelona pengganti Valverde, yakni Roberto Martinez dan Ronald Koeman.

"Masa depan Ernesto Valverde di klub tetap tidak jelas, dan pelatih timnas Belgia Roberto Martinez menjadi kandidat utama menggantikan pelatih 55 tahun itu. Namun manajamen klub tidak ingin terburu-buru mengambil keputusan, karena kandidat lain, Ronald Koeman, juga tertarik menjadi pelatih Barcelona," tulis Marca.

Martinez merupakan pelatih asal Spanyol yang memiliki pengalaman lebih banyak di luar Liga Spanyol. Mantan pemain Real Zaragoza itu tidak pernah melatih di Spanyol dan menghabiskan hampir seluruh karier kepelatihan di Inggris.

Sebelum dipercaya melatih timnas Belgia, Martinez pernah menangani Swansea City, Wigan Athletic, dan Everton di Liga Inggris. Terakhir Martinez berhasil membawa timnas Belgia finis di posisi ketiga pada Piala Dunia 2018.

Sementara itu Koeman saat ini sedang dipercaya menjadi pelatih timnas Belanda. Legenda Barcelona itu sukses membangkitkan timnas Belanda dari keterpurukan setelah gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Koeman bermain untuk Barcelona sepanjang 1989 hingga 1995 dan meraih banyak sukses, termasuk merebut empat trofi Liga Spanyol dan satu Piala Champions. Koeman juga pernah menjadi asisten pelatih di Barcelona bersama Louis van Gaal pada 1998 hingga 2000.

Posisi Valverde dalam ancaman setelah Barcelona dikalahkan Valencia 1-2 pada final Copa del Rey, akhir pekan lalu. Hasil tersebut membuat Barcelona hanya mampu merebut trofi Liga Spanyol musim ini. Presiden Barcelona Josep Bartomeu usai final sempat menyatakan Valverde akan tetap melatih di Camp Nou musim depan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha