PKP

Terima Kunjungan Menteri Perhubungan

BP Batam Minta Pelabuhan Penumpang Pelni Dikembalikan ke Sekupang
Oleh : Nando
Minggu | 26-05-2019 | 09:04 WIB
menhub_pelabuhan_sekupang.jpg honda-batam
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Pelabuhan Sekupang, Batam (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Edy Putra Irawady mengutarakan agar Pelabuhan penumpang Pelni dapat dikembalikan ke Kecamatan Sekupang. Hal ini disampaikan nya saat menerima kunjungan kerja Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi dalam rangka peninjauan kesiapan angkutan lebaran tahun 2019 di Batam bertempat di Pelabuhan Batu Ampar, Sabtu (25/5/2019).

Dalam kunjungan kerjanya, Budi Karya Sumadi didampingi oleh Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo, Direktur Utama Pelni, Insan Purwarisya L Tobing, Kepala BPTJ, Bambang Prihartono, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Kelas I Kualanamu Medan, Bintang Hidayat, Kepala Kantor Pelabuhan Laut BP Batam serta rombongan melakukan peninjauan di area Kmp Loro Londo untuk berkomunikasi dengan awak kapal dan penumpang yang ada di Pelabuhan Batu Ampar.

Dalam pembahasan tersebut, Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady mengatakan, Rencana dalam waktu pendek 10 hari menjelang lebaran, BP Batam makan meningkatan fasilitas dan juga pelayanan yang ada di Pelabuhan Batu Ampar demi kenyamanan penumpang.

"Dengan adanya kunjungan kerja Menteri Perhubungan, BP Batam akan segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Pelni, Pelabuhan, dan Dinas untuk evaluasi kedepan jika rencananya Batu Ampar untuk pelabuhan kontainer, lebih baik dikembalikan lagi ke Pelabuhan Sekupang," paparnya.

Sementara itu, Budi menyampaikan bahwa, menjelang arus mudik lebaran, terdapat peralihan jumlah penumpang yang memilih jalur laut tetapi tidak banyak. Untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, Menteri Perhubungan RI meminta bantuan kerjasama Gubernur Kepuluan Riau, Kepala BP Batam serta Direktur Utama Pelni untuk menambah fasilitas seperti tenda-tenda di lokasi kontainer, pelayanan-pelayanan kesehatan, serta jam keberangkatan yang tepat waktu.

“Kedepan kita akan melakukan evaluasi terkait penempatan pelabuhan penumpang, ditempatkan di Batu Ampar atau Sekupang. Untuk arus mudik lebaran kali ini, Kementerian Perhubungan menugaskan agar PT. Pelni untuk menambah jumlah frekuensi kapal," ujarnya.

Editor: Surya