PKP

Dinkes Pastikan Tidak Ada Warga Batam Terjangkit Cacar Monyet
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jum\'at | 24-05-2019 | 17:28 WIB
kadinkes-batam-didi11.jpg honda-batam
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan Kota Batam belum mendapatkan laporan mengenai warga yang terjangkit penyakit Monkey Pox (cacar monyet).

"Hingga saat ini kita belum dapat laporan warga Batam yang kena penyakit cacar monyet. Kami kemarin silaturahmi dengan Konjen Singapura dalam rangka menjalin kerjasama kalau terjadi kasus serupa, untuk masalah tersebut sudah dianggap clear, dan tentunya kita juga menganggap sudah selesai," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Jumat (24/5/2019).

Didi menjelaskan, di Singapura sebanyak 18 orang telah menjalani karantina dan sudah dikembalikan ke negaranya masing-masing, sedangkan 4 orang lainnya yang merupakan pegawai hotel, juga sudah dipulangkan, namun salah satu Warga Negara Nigeria dinyatakan positif mengidap penyakit cacar monyet.

"Saat ini masih menjalani perawatan serta sudah dalam masa penyembuhan," ujarnya.

Namun sampai kini Dinkes Kota Batam belum menerima laporan dari rumah sakit maupun dari Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang telah melakukan pengawasan kesehatan di pelabuhan internasional.

"Belum ada laporan hingga kini, karena secara teori terbukti di Singapura bahwa penularan dari manusia ke manusia sulit terjadi, jadi kami harapkan agar masyarakat Kota Batam tidak perlu lagi khawatir terkait penyakit cacar monyet itu," tutupnya.

Editor: Yudha