Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Israel Ternyata Jalin Hubungan Dagang dengan Malaysia
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 19-03-2012 | 10:26 WIB
Mustapa-Mohamed-batamtoday.jpg Honda-Batam

Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia (MITI), Mustapa Mohamed. Foto:Topnews

KUALA LUMPUR, batamtoday - Isu mengenai Israel dan Malaysia akhir-akhir ini mulai dihembuskan sejumlah tokoh politik negeri Jiran itu. Beberapa waktu lalu, tokoh partai penguasa, UMNO, menuding ketua oposisi Anwar Ibrahim menjalin hubungan dengan Israel dan Zionis Internasional serta memanfaatkan kekuatan mereka untuk memenangkan Pemilu yang akan digelar dalam waktu dekat. 

Namun tudingan tersebut dibalas Anwar dengan kembali membongkar bahwa yang menjalin hubungan sebenarnya adalah pemerintah sendiri di bawah naungan UMNO dan bukan oposisi. 

Dalam sebuah komentar, Anwar Ibrahim bahkan menuding selama ini antara Malaysia dan Israel memang sudah menjalin kerjasama perdagangan. Hanya saja kerjasama tersebut selalu ditutup-tutupi mengingat mayoritas muslim Malaysia sangat sensitif jika dihembuskan isu mengenai negara Yahudi tersebut.

Menanggapi hal itu, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri (MITI), Mustapa Mohamed, berencana memberikan penjelasan ke publik lansung di depan parlemen pekan ini. 

Dikutip batamtoday dari Berita Harian, Senin(19/3/2012), Mustapa Mohamed tidak menampik kenyataan bahwa antara Israel dan Malaysia sudah sejak lama terjalin hubungan baik, termasuk hubungan dagang. 

"Insya-Allah saya akan berada di parlemen pekan ini untuk memberi penjelasan terkait hubungan dagang Malaysia dan Israel sekaligus menjelaskan bahwa pemerintah tidak pernah menyembunyikan hal itu," jelasnya. 

Namun hubungan tersebut diakuinya sebatas hubungan dagang, bukan dukungan politik. Secara politis, Malaysia tetap menganggap Israel sebagai musuh, dan tidak mengakui kemerdekaan negara Yahudi tersebut. 

"Hubungan dagang yang terjalin selama ini dilakukan melalui perusahaan multi-nasional, jadi hal itu merupakan kenyataan yang wajar, dan Malaysia siap menjalin hubungan dagang dengan negara apapun di dunia," tegas Mustapa yang juga petinggi UMNO.