PKP

Warga Binaan Lapas Barelang Antusias Mengikuti Pesantren Ramadhan
Oleh : Hendra Mahyudi
Jum\'at | 17-05-2019 | 15:40 WIB
pesantren-ramadhan-lapas1.jpg honda-batam
Pesantren Ramadan Lapas Barelang. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Inayat bulan Ramadan 1440 H, Masjid Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Barelang penuh sesak berkat kegiatan yang diadakan oleh petugas Lapas, yakni pesantren Ramadan 1000 Santri.

Kegiatan diadakan sejak hari pertama puasa pada Senin (6/5/2019) lalu yang diikuti 1.068 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang terletak di Jalan Trans Barelang, Tembesi, Sagulung, Kota Batam.

"Karena pesertanya lebih dari seribu santri maka kita namakan Pesantren Ramadan 1.000 Santri," ujar Kepala Lapas Kelas II A Barelang, Batam, Surianto saat dihubungi pewarta Kamis (16/5/2019) kemarin.

Pada kegiatan ini, para santri dengan seksama mengikuti kegiatan solat Zuhur, Ashar, Magrib, Isya, dan Taraweh berjamaah di masjid Lapas.

"Dikarenakan jumlah santri yang ikut cukup banyak, sementara kapasitas masjid hanya mampu menampung 450 orang, membuat sebagian santri mengikuti kegiatan ini di lapangan tenis yang tepat berada di dekat masjid ini (overcapacity)," lanjutnya.

Karena hal ini membuat pihak lapas mencari solusi, yang mana salah satunya yakni pengajuan penambahan lantai masjid. Surianto berharap usulan yang akan diajukan tersebut mendapat tanggapan positif dari pemerintah pusat, maupun pihak lain yang ingin membantu.

"Karena memang penambahan kapasitas Masjid ini menjadi kebutuhan yang sudah mendesak," jelasnya.

Surianto juga mengatakan, bahwa program yang telah dilakukan sejak tahun 2019 ini, rencananya akan terus berkesinambungan hingga tahun-tahun berikutnya. Termasuk di luar bulan Ramadan sendiri.

Sejauh ini, Ia mengatakan terlihat antusiasme para warga binaan pemasyarakatan dalam mengikuti kegiatan ini. Termaksud dari semua program yang telah dicanangkan selama Ramadan selalu diikuti oleh para WBP yang beragama Islam.

Editor: Yudha