Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tunggal Putra Piala Sudirman 2019 Siap Rebut Kemenangan
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 10-05-2019 | 18:52 WIB
antony-ginting111.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Tunggal Putra andalan Indonesia Anthony Ginting.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Kontingen Indonesia Achmad Budiharto menyatakan tim tunggal putra sebagai salah satu nomor andalan siap untuk bertanding maksimal dan merebut angka kemenangan di Piala Sudirman yang akan dilangsungkan di Nanning, China, 19-26 Mei mendatang.

Tim tunggal putra mengirim tiga wakilnya ke Piala Sudirman 2019, mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito.

"Namanya pertandingan beregu, jadi semuanya punya tanggung jawab di tim. Tapi tiap sektor pasti punya rasa mau melakukan yang terbaik dan kalau bisa ikut menyumbang poin. Begitu juga kami dari tunggal putra," kata Jonatan dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.

Tunggal putra menjadi nomor andalan bersama nomor ganda putra dan ganda campuran, sementara ganda putri disebut Budiharto bisa dibilang nomor yang dijagokan untuk menyumbang angka. Sedangkan untuk tunggal putri meski tidak diunggulkan, diharapkan bisa membuat kejutan.

Prestasi Anthony, Jonatan, dan Shesar pun belakangan mulai menanjak meski sempat mengalami kendala pada agenda-agenda sebelumnya.

Sempat menurun usai meraih gelar di turnamen China Open 2018 Super 1000, Anthony mencapai laga final di Singapore Open 2019 dan akhirnya dihentikan Kento Momota (Jepang).

Namun, Anthony beberapa kali tercatat mampu menundukkan Momota yang saat ini merupakan pemain tunggal putra terbaik dunia.

Jonatan pun menunjukkan grafik penampilan yang terus meningkat, misalnya dengan keberhasilannya memulangkan dua juara dunia di ajang Malaysia Open 2019 Super 750 lalu.

Di babak kedua, Jonatan mengalahkan Momota dengan dua gim langsung, lalu di perempat final ia menaklukkan Viktor Axelsen (Denmark).

Shesar juga membuat kejutan saat bertanding di babak pertama Badminton Asia Championships 2019 dengan mengalahkan Kidambi Srikanth, pemain tunggal putra terbaik India saat ini.

"Siapa pun yang diturunkan, baik saya, Anthony atau mas Vito (Shesar), kami pasti akan berjuang mati-matian untuk menyumbang poin bagi tim Indonesia," kata Jonatan menambahkan.

Tim tunggal putra sudah menjalani program persiapan menuju Piala Sudirman mulai hari Rabu (8/5), sepulangnya dari turnamen New Zealand Open 2019.

Tim rencananya akan bertolak ke Nanning, China, pada Rabu (15/5), sedangkan Piala Sudirman baru dimainkan pada 19-26 Mei 2019.

Sumber: ANTARA
Editor: Yudha