PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi KPU Kepri

Saksi Capres 02 di Tingkat Kabupaten/Kota Tolak Tanda Tangani Hasil Pleno
Oleh : Charles
Jum\'at | 10-05-2019 | 13:28 WIB
Rekapitulasi_KPU_Kepri.jpg honda-batam
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi KPU Kepri (foto: Charles)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah selesai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara pilpres, DPD dan DPR serta DPRD di 6 kabupaten/kota di Kepri.

Dari rapat pleno yang dilaksanakan hingga Jumat,(9/5/2019) dinihari, sejumlah komplain dan dan keberatan bermunculan, mulai dari penolakan hasil Pemilu Presiden, dan Legislatif di Kepri oleh saksi Parpol dari PBB. Keberatan juga disampaikan oleh saksi PDIP dan saksi paslon capres-cawapres 01, karena pleno KPU tingkat Kota Batam belum selesai.

Selain keberatan saat pleno KPU Provinsi, KPU Kepri juga menyampaikan sejumlah keberatan saksi Paslon Capres 02 atas hasil pleno di KPU Kabupaten Bintan, serta sejumlah KPU kabupaten lainya.

"Kejadiaan luar biasa pada Rekapitulasi yang dicatata KPU Bintan, saksi Paslon capres-cawapres nomor urut 02, menyatakan keberatan dan tidam mau menandtangani berita acara hasil Pleno, Namun Hasil Pleno tetap diambil dan diterima,"ujar Arison sebagai Ketua Sidang Pleno Rapat Terbuka KPU Kepri di Hotel CK Tanjungpinang,Kami,(9/5/2019).

Sementara ditingkat pleno KPU Kepri, Ketua KPU Kepri, juga menyatakan mencatat keberatan Partai Garuda Kota Tanjungpinang, yang menyatakan menolak dan tidak menerima hasil pleno KPU tingkat kota tersebut, atas dasar adanya dugaan kecurangan yang dialami calegnya di dapil kecamatan kota Tanjungpinang.

"Sejumlah catatan itu, akan menjadi bagian dari berita acara pelaksanaan Rapat pleno terbuka KPU Kepri, yang kami tampung selama pelaksanaan pleno,"ujar Sri Wati.

Ketua KPU provinsi Kepri ini juga mengatakan, pelaksanaan pemilu yang dilakukan pihaknya sebagai penyelenggara di Kepri, dikatakan telah berlangsung dengan terbuka dan semua pihak dapat melihat dan menyaksikan serta mengawasi tahap demi tahap pelaksanaan Pemilu.

"Selama pelaksanaan kami selalu terbuka, dan hasil Rapat pleno KPU Kepri semalam, juga semua dapat mendokumentasikan sebagai azas transparansi KPU dalam penyelenggaraan Pemilu di Kepri," sebutnya.

Editor: Surya