PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nasdem Dapil Karimun Diprediksi Tak Lolos ke DPRD Kepri
Oleh : Ismail
Rabu | 01-05-2019 | 16:52 WIB
rekap-ppk-karimun11.jpg honda-batam
Rekapitulasi suara di PPK Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sepertinya sikap optimis Partai Nasional Demokrat (Nasdem) wilayah Provinsi Kepulauan Riau untuk menduduki tujuh kursi di DPRD Kepri tak dapat dipenuhi. Pasalnya, diprediksi partai tersebut tidak akan mengirimkan perwakilan legislatifnya di DPRD Kepri dari daerah pemilihan (dapil) Kepri 3 (Karimun).

Berdasarkan hasil perhitungan suara (situng) sementara real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Partai besutan tokoh nasional Surya Paloh itu berada pada urutan ke-7 tertinggi dengan perolehan 7.507 suara dari dapil Karimun. Dengan progres suara yang masuk per tanggal 1 Mei pukul 16.00 wib sebesar 94,4 persen.

Sementara jatah jumlah kursi legislatif DPRD Kepri melalui dapil Karimun sebanyak 6 kursi.

Adapun enam partai yang berpeluang duduk di DPRD Kepri dari dapil 3 tersebut yakni, PDI-Perjuangan sebanyak 18.506 suara, Golkar 17.435, dan Hanura 14.779 suara. Kemudian, PKS sebanyak 13.134 suara, PKB 8.542 suara, terakhir partai Gerindra 8.362 suara.

Sementara itu, sebelumnya diberitakan Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Kepri, Nurdin Basirun optimis pihaknya akan menduduki tujuh kursi legislatif DPRD Kepri. Atau satu perwakilan di masing-masing dapil Provinsi Kepri.

"Ya mudah-mudahan dapat menduduki kursi lebih di (DPRD) Provinsi. Kami berharapnya tujuh kursi," ungkapnya.

Keyakinan tersebut, lanjut Nurdin bukan tanpa sebab. Berdasarkan hasil perhitungan internalnya saat ini, perolehan suara calon legislatif Partai Nasdem sudah di semua daerah pemilihan cukup bagus. Bahkan, enam caleg sepertinya sudah pasti akan menempati kursi DPRD Kepri.

"Yang sudah pasti enam kursi. Tinggal kita lihat satu kursi saja lagi," tuturnya.

Editor: Yudha