Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Ramadhan, Stok Darah di PMI Batam Relatif Aman
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jum\'at | 26-04-2019 | 19:52 WIB
donor-darah-pwi11.jpg Honda-Batam
Kegiatan donor darah PWI Kepri beberapa waktu lalu. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam memastikan stok darah menjelang bulan Ramadhan 2019 relatif aman.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Batam, dr. Novia saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (26/4/2019) mengatakan, sampai dengan saat ini, stok darah masih terbilang aman dan dapat memenuhi seluruh kebutuhan.

"Stok darah untuk saat ini masih aman. Semua golongan darah kita masih ada, mau komponen PRC, WB kita masih ada, kecuali trombosit karena masanya cuman 5 hari, jadi kami stoknya sedikit," kata Dr.Novia.

Dirinya melanjutkan, apabila dalam pelaksanaannya tiba-tiba terjadi wabah demam berdarah dan membutuhkan 10 kantong darah, itu yang harus menjadi atensi PMI Kota Batam.

Dalam angka idealnya, Novia mengatakan bahwa biasanya dalam satu bulan pihak rumah sakit bisa meminta hingga 1000 kantong darah. Apabila dalam permintaan tersebut kami tidak bisa memenuhi, biasanya PMI meminta untuk pihak keluarga menjadi pendonor darah agar memenuhi kuota.

"Selain itu, Kami juga berkoordinasi dengan Kapolresga Barelang juga, agar aparat kepolisian yang beragama non muslim untuk dapat mendonorkan darahnya," ujarnya.

Dirinya mengatakan, biasanya minus darah tersebut dapat dirasakan pada puasa minggu kedua dan ketiga bulan Ramadhan, sehingga tidak adanya stok darah di PMI.

"Jadi kami harapkan masyarakat Kota Batam yang non muslim juga dapat mendonorkan darahnya untuk memenuhi keperluan kita bersama," tutupnya.

Editor: Yudha