Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nilai Investasi Batam Meningkat 39 Persen
Oleh : Andri Arianto
Senin | 24-01-2011 | 18:00 WIB

Batam, batamtoday -  Total nilai investasi Kota Batam pada semester pertama tahun 2011 mengalami peningkatan sebesar 39 persen dengan asumsi berdasarkan pertumbuhan jumlah perusahaan yang menanamkan modal saat ini yang mencapai 114 perusahaan, dibanding tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 82 perusahaan.

Demikan dikemukakan Kepala Sub Direktorat Penanaman Modal Badan Pengusahaan Batam/Otorita Batam (OB), Yayan Achyar kepada wartawan di Batam Center, Senin, 24 Januari 2011.

Yayan mengatakan industri manufaktur di Batam masih mendominasi perkembangan investasi saat ini dengan perkembangan total perusahaan mencapai 37 perusahaan berdasarkan catatan akumulasi tahun 2010 dengan nilai investasi mencapai USD 59,9 juta. Industri perkapalan di Batam total nilai investasi sebesar USD 44,1 juta dengan jumlah perusahaan yang menanamkan modalnya ke Batam sebanyak 34 perusahaan.

Jenis usaha umum seperti ekspor impor sebanyak 39 perusahaan dengan nilai investasi USD24 juta, bidang perhotelan dan Real Estate (RE) sebanyak 4 perusahaan dengan nilai USD16,2 juta.

"Industri manufaktur masih mendominasi di Batam," kata Yayan.

Yayan menambahkan Batam belum terlalu khawatir dengan adanya rencana penutupan usaha produksi, seperti yang sudah direncanakan pihak Panasonic yang berkantor di Cammo Industrial Park, Batamcenter.

Elektronik itu setiap hari mengalami peningkatan teknologi yang cepat. Oleh karena itu perusahaan produksi barang-barang elektronik tentu harus memiliki jedah waktu untuk pengambilan order merunut teknologi yang digunakan.

"Suasana yang kondusif jadi faktor pertumbuhan investasi," tukasnya.