Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lira Kepri Kerahkan 12 Relawan per Kecamatan Amankan Pelaksanaan Pemilu 2019
Oleh : Nando
Minggu | 14-04-2019 | 15:32 WIB
lira2.jpg Honda-Batam
Lumbung Informasi Rakyat (LIRA)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Pimpinan Wilayah Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kepulauan Riau, menyatakan diri siap berpartisipasi dalam mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 pada 17 April mendatang.

Partisipasi ini bukan dalam rangka menyatakan dukungan terhadap salah satu pasangan Calon Presiden (Capres) yang akan bertarung.

Ketua DPW Lira Kepri, Budi Sudarmawan menjelaskan adanya partisipasi yang dilakukan seluruh relawan LIRA semata-mata guna menciptakan Pemilu damai dan gembira.

Selain itu para relawan LIRA juga akan berusaha menangkal setiap, tindakan dari oknum yang berusaha melakukan tindakan merusak pesta demokrasi tersebut.

"Intinya kehadiran kami pada saat pelaksanaan Pemilu, bukan untuk menyatakan dukungan pada siapapun. Karena kami juga akui bahwa adanya beberapa anggota LIRA, yang juga mencalonkan diri dalam Pemilihan Legislatif," ujar Budi, Minggu (14/04/2019).

Untuk itu, ia juga menghimbau agar pada pelaksanaan Pemilu mendatang seluruh masyarakat Kepri untuk tidak golput. Selain itu, saat ini masyarakat Kepri juga diminta untuk berpikir cerdas dan menolak politik uang, politisasi SARA, dan melawan Hoax.

Dalam pelaksanaan Pemilu mendatang, pihaknya akan mengerahkan 12-15 relawan yang akan menjaga masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap kecamatan.

"Untuk itu, kami juga menghimbau bagi pelaksana Pemilu untuk dapat menjalankan fungsi sesuai tugas nya. Kami juga meminta agar Pemerintah Daerah agar tidak menggunakan kekuasaannya, dalam melakukan suatu gerakan yang masif," lanjutnya.

Budi menambahkan, dengan adanya gerakan spontanitas yang mereka lakukan, pihaknya juga membuka kesempatan bagi masyarakat lainnya untuk bergabung menjadi salah satu relawan LIRA.

Apabila mereka menemukan adanya tindakan pelanggaran Pemilu, pihaknya akan langsung melaporkan temuan tersebut ke pihak Gakkumdu dan pihak berwenang lainnya.

Editor: Surya