Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singapura Siapkan Taman Bertehnologi Paling Maju
Oleh : redaksi/Mg
Senin | 12-03-2012 | 15:24 WIB
Gardens_by_The_Bay.jpg Honda-Batam

Gardens by the Bay. Foto:Wallstreet

SINGAPURA, batamtoday - Singapura telah menjadi salah satu negara tujuan utama wisatawan asing karena adanya berbagai tempat menarik yang tak tersedia di negara lain. Kini, Singapura bermaksud menambah keistimewaannya dengan membuka taman berteknologi termaju di dunia, Gardens by the Bay.

Seperti diberitakan Wallstreet Journal, Senin(11/3/2012), Gardens by the Bay rencananya akan mulai dibuka untuk umum bulan Juni mendatang. Proyek pembangunan taman yang luasnya sekitar 153,78 hektar itu menghabiskan biaya sebesar US$795 juta atau setara dengan Rp7,26 triliun.

"Koleksi tumbuhan yang terdapat di Gardens by the Bay akan sangat beragam mulai dari kaktus yang kecil hingga pohon raksasa seberat 37 ton dari Senegal dan Argentina," tulis Wallstret dikutip batamtoday.

Rencananya akan ada 220.000 jenis tumbuh-tumbuhan dari berbagai belahan dunia kecuali antartika akan tersedia di dalam taman tersebut.

Singapura mengklaim Garden by the Bay sebagai taman berteknologi termaju di dunia karena adanya 18 pohon buatan dengan tinggi setara dengan gedung yang memiliki 9 hingga 16 lantai. Pohon tersebut memiliki dahan berwarna pink yang terbuat dari lilitan baja ditutupi dengan tanaman merambat. Di malam hari, pohon buatan itu dapat menampilkan berbagai objek dan cahaya yang diproyeksikan.

Gardens by the Bay merupakan salah satu upaya untuk menjadikan Singapura sebagai negara yang ramah lingkungan. Pada bulan Februari lalu, hasil riset yang dilakukan Universitas British Columbia menunjukkan bahwa Singapura merupakan negara paling tak sehat dalam hal ekologi dan ekonomi.