Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Investigasi Surat Suara di Malaysia Keluar Siang Ini
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 12-04-2019 | 12:28 WIB
kpu-PUSAT.jpg Honda-Batam
Ketua KPU Arief Budiman. (Istimewa/cnnindonesia.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua KPU Arief Budiman menyatakan hasil investigasi surat suara tercoblos di Malaysia tersebut direncanakan akan diketahui hari ini.

Selain itu, sambung Arief, pihaknya pun akan melakukan konferensi video dengan seluruh petugas dan pengawas TPS di luar negeri untuk mencegah kejadian tersebut terulang kembali.

"Ya ini nunggu hasil investigasi yang akan turun hari ini. Nanti jam 2 nanti kami akan video conference dengan seluruh TPS di luar negeri dan jajaran pengawas luar negeri. Kita menyiapkan persiapannya," kata Arief setelah Apel Patroli Pengawasan (Tolak Politik Uang dan Hoaks) di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/4).

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan pihaknya dan KPU telah menerjunkan tim khusus ke Malaysia untuk melakukan investigasi penemuan surat suara tercoblos di negeri jiran tersebut.

Ia menyatakan tim itu terdiri atas tiga orang komisioner KPU dan Bawaslu yakni Komisioner KPU Hasyim Asyari dan Ilham Saputra, serta anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo.

"Kami sudah menurunkan tim dari KPU dan Bawaslu. Dari Bawaslu tim dipimpin oleh Ibu Ratna Dewi selaku koordinator penindakan, kalau KPU Hashim [Asyari] dan Ilham [Saputra]," kata Abhan.

Abhan menyatakan tim khusus tersebut telah berangkat ke Malaysia sejak pagi tadi. Lebih lanjut, Abhan menyatakan semua pihak untuk bersabar menunggu hasil investigasinya dari tim tersebut.

Baca: Relawan Gerebek 90 Kantong Surat Suara Tercoblos di Malaysia

"Itu tunggu klarifikasi kami investigasi kami di Malaysia," kata dia.

Abhan menegaskan pihaknya telah melakukan prosedur untuk mengawasi kotak suara keliling (KSK) di Malaysia maupun di negara lainnya.

Ia menyatakan pihaknya pun sudah memiliki mekanisme tersendiri untuk melakukan pengawasan tempat pemungutan suara yang berbentuk KSK.

Tak hanya itu, kata Abhan, pihaknya akan lebih memperketat pengawasan di semua titik pelaksanaan pemungutan suara di luar negeri usai terjadinya insiden tersebut.

"Sama di semua titik pelaksanaan pemungutan suara akan dilakukan seperti itu [diperketat]," kata dia.

Sebelumnya kemarin beredar video penemuan puluhan kantung surat suara yang sudah tercoblos di Bandar Baru, Bangi, Selangor, Malaysia pada Kamis (11/4) beredar. Dalam video, puluhan kantung berwarna hitam tersebut berada di ruangan yang sudah tidak terpakai.

Sejumlah orang yang nampak di video menunjukkan surat suara dalam kantung. Ada coblosan di kolom paslon pilpres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Sebagian dari mereka juga menunjukkan surat suara calon anggota legislatif daerah pemilihan Jakarta II (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri) yang juga sudah tercoblos.

Sumber: www.cnnindonesia.com
Editor: Chandra