PKP

Satlantas Polres Anambas Sosialisasikan Larangan Merokok Sambil Berkendara
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 08-04-2019 | 17:16 WIB
sosialisasi-lantas-anambas1.jpg honda-batam
Kasatlantas Polres Anambas gelar sosialisasi terbuka tertib berlalu lintas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Anambas gelar sosialisasi terbuka tentang larangan merokok sambil berkendara.

Kepala Satlantas Polres Anambas, Iptu Boston Butar-butar, mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Perhubungan nomor 12 tahun 2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor.

"Masih dalam sosialisasi, tetapi akan dilaksanakan. Memang dari segi estetika kurang pas rasanya memang," ujarnya, Senin (8/4/2019).

Boston mengakui penekanan soal keselamatan dalam berlalu lintas, terus dilakukan sampai ke hal mendasar, seperti penggunaan helm bagi pengendara bermotor roda dua yang ada di Anambas.

Menurutnya, kesadaran untuk menggunakan perlengkapan sesuai aturan sebelum mengendarai motor masih minim. Ini terlihat saat pihaknya melaksanakan pengaturan lalu lintas di simpang empat menuju kantor bupati.

"Seperti tadi pagi, kami biasa melaksanakan sosialisasi di simpang empat kantor bupati. Ada anak sekolah dan memang sudah lama kami ingatkan untuk melengkapi dengan helm saat berkendara. Terus kami lihat juga ada pegawai yang tidak menggunakan helm. Mungkin ada 30 an yang saya berikan arahan, termasuk saya suruh pulang untuk menggunakan helm," ungkapnya.

Ia mengatakan, beberapa kejadian kecelakaan lalulintas yang terjadi di Anambas, menjadi pertimbangan penting bagi pengendara motor untuk melengkapi perlengkapan keselamatan sebelum berkendara ke tempat tujuan. Ini belum lagi dengan beberapa titik jalan yang dianggap rawan terjadi kecelakaan, yang menurutnya memerlukan kewaspadaan dan konsentrasi dari pengendara motor itu.

"Kami terus menyampaikan tentang betapa pentingnya keselamatan itu. Minimal yang Kasat mata seperti penggunaan helm ini. Beberapa pengendara bermotor saya harapkan juga menjadi contoh," bebernya.

Editor: Yudha