Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siapapun Presidennya, Danau Toba Harus Go Internasional
Oleh : Redaksi
Sabtu | 06-04-2019 | 19:40 WIB
hari-air-sedunia-gaul-di-danau-toba.jpg Honda-Batam
Indahnya panorama Danau Toba. (Foto: Travel Dream)

BATAMTODAY.COM, Parapat - Keindahan alam Danau Toba jangan hanya dinikmati wisatawan lokal saja, tapi harus bisa dinikmati oleh masyarakat dunia.

Untuk itu, siapapun kelak yang menjadi Presiden hasil Pilpres 2019, harus bisa membangun dunia pariwisata di Danau Toba, Sumatera Utara.

"Siapapun presidennya nanti pembangunan Danau Toba sebagai destinasi wisata internasional akan terus berlanjut," kata Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Capt Anthon Sihombing dalam silaturrahmi DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan DPR di Danau Toba, Medan, Sumatera Utara, Jumat (5/4/2019) malam.


Apalagi pemerintah sudah memasukkannya dalam rencana induk Kawasan Strategis Danau Toba 2025. "Saya rasa siapapun presidennya pasti akan membangunan Danau Toba," ujar politisi Partai Golkar ini.

Saat ini, kata Anthon, pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dengan kontrak tahun jamak sudah dimulai. Begitu juga dengan pembersihan atau pemeliharaan Danau Toba dari enceng gondok.

Menurutnya lagi, pembangunan danau Toba ini bukanlah pekerjaan Presiden dalam satu periode tetapi pekerjaan sepanjangan zaman.

Dan yang masih menjadi kendala selain anggaran yang masih minim terhadap pemerintahan kabupaten sekitar danau, keramahtamahan masyarakat sekitar yang merupakan darah Batak yang terkenal ketegasannya.

"Memang berbeda dengan Bali, kalau masyarakat di sana sudah menyadari bagaimana menghadapi turis. Kita bertanya jalan jam berapa saja itu akan dijelaskan dengan baik. Tetapi kalau di sini ditanya, (dijawab) cari sendirilah," jelas Anthon.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani