Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dispora Karimun Janji Cairkan Sebelum Ramadhan

Pelatih dan Atlet Karimun Peraih Medali di Porprov Kepri 2018 Belum Terima Bonus
Oleh : Freddy
Kamis | 04-04-2019 | 11:41 WIB
belum-dapat-bonus.jpg Honda-Batam
Atlet Karate Karimun yang berhasil meraih juara umum pada Porprov Kepri IV tahun 2018. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Para atlet Kabupaten Karimun peraih medali di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri ke-4 tahun 2018 lalu di Tanjungpinang harus bersabar. Pasalnya, untuk mendapatkan bonus medali seperti yang dijanjikan Bupati Karimun, Aunur Rafiq beberapa bulan lalu belum juga ditindaklanjuti Dinas Pemuda Olahraga hingga saat ini.

Bonus atlet peraih medali di ajang multi event empat tahunan ini, memang sudah dianggarkan pada tahun 2019 melalui anggaran kegiatan di Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) Kabupaten Karimun. Namun hingga selesai kegiatan di triwulan pertama tahun 2019, bonus kepada para atlet dan pelatih peraih medali di Porprov Kepri ke-4 tersebut belum juga diberikan atau dicairkan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun, Sukari mengatakan, bonus kepada atlet dan pelatih peraih medali di ajang Porprov Kepri ke-4 pasti akan dicairkan dan dibagikan.

Namun kapan kepastian waktunya, sekarang ini masih diproses untuk pencairan dananya sesuai dengan mekanisme aturan yang ada. "Insyaallah kita akan upayakan bonus sudah bisa diterima para atlet dan pelatih peraih medali di ajang Porprov sebelum memasuki bulan Ramadhan tahun 2019 ini," ujar Sukari.

Hal senada juga disampaikan, Hairul, selaku sekertaris Dispora Kabupaten Karimun bahwa dirinya sudah meminta kepada Kepala bidang Olahraga untuk secepatnya memproses pencairan bonus atlet dan pelatih yang berhasil meraih medali di Porprov.

Sementara Kabid olahraga, Abdullah mengatakan, kalau masalah bonus atlet dan pelatih sudah ada dianggarkan dan tinggal menunggu pencairan dananya. Namun, sebelum dilakukan pencairan ada beberapa persyaratan secara administratif yang perlu kami lengkapi terlebih dulu, sehingga dikemudian hari tidak menimbulkan persoalan.

"Sekarang kami lagi melengkapi persyaratan, salah salah satunya terkait dengan SK atlet Porprov maupun nama-nama atlet yang meraih medali," jelas Abdullah.

Mengenai besaran bonus yang bakal diterima para atlet peraih medali di ajang Porprov, Abdullah mengatakan, sudah ada hitungan khusus terkait besaran bonus yang bakal diterima para atlet maupun pelatih, baik peraih medali emas, perak maupun perunggu, baik katagori perorangan maupun yang beregu atau tim.

Beberapa atlet maupun pelatih peraih medali di ajang Porprov memang sudah sangat berharap bonus yang dijanjikan Bupati Karimun pada saat penyambutan kedatangan atlet di rumah dinas Bupati Desember 2018 lalu dapat secepatnya diterima mereka.

Dari hasil perolehan medali di Porprov Kepri ke-4 tahun 2018 lalu, Kontingen Kabupaten Karimun mendapatkan 54 emas, 44 perak dan 43 perunggu dari 24 cabang olahraga yang diikuti.

Ketua Umum KONI Kabupaten Karimun, Jhon Abrison mengatakan, pemberian bonus atlet dan pelatih peraih medali Porprov merupakan kewenangan Dispora. Menurutnya, anggarannya pun ada di Dispora Karimun, termasuk besaran bonus atlet dan pelatih peraih medali sudah ditentukan Dispora.

Jhon Abrison berharap, kalau bisa bonus atlet peraih medali di ajang Porprov Kepri ini dapat secepatnya dicairkan dan dibagikan, dikhawatirkan kalau terlalu lama akan muncul isu-isu tak sedap pula nantinya.

Editor: Gokli