Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dibuka Wapres JK, Ini Agenda Rakernas Apindo di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 02-04-2019 | 09:04 WIB
konfres-apindo-btm.jpg Honda-Batam
Ketum Apindo dan sejumlah pengurus provinsi maupun kabupaten saat melakukan konfrensi pers terkait Rakernas yang akan dibuka Wapres JK, Selasa (2/4/2019) di Swiss-Belhotel, Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ke-29 di Swiss-Belhotel, Harbour Bay, Batam, Selasa (2/4/2019) akan dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Selain Wapres JK, dalam Rakernas Apindo itu juga akan hadir sejumlah Menteri, Direktur BPJS TK dan Kesehatan serta pengurus Apindo dari 34 provinsi dan DPN Apindo. Diperkirakan, peserta yang hadir dalam Rakernas kali ini mecapai 1.000 orang lebih.

Rapat kerja yang juga dibarengi dengan konsultasi nasional ini, akan mencermati dan menyikapi perkembangan dunia usaha, khususnya masalah ketenagakerjaan, hubungan industrial dan perkembangan investasi. Semua ini, menjadi amanat Anggaran Dasar dan
Anggaran Rumah Tangga Apindo untuk mengevaluasi dan menyusun kembali program kerja organisasi selama satu tahun mendatang.

Ketua Umum Apindo, Hariyadi B. Sukamdani menyampaikan, pelaku usaha di berbagai sektor industri dalam memasuki era disrupsi teknologi atau Revolusi Industi 4.0 dituntut melakukan penyesuayan sehingga tercapai sasaran efisiensi bagi kepastian besaran biaya produksi yang menjadi tolak ukur dunia usaha industri.

"Penciptaan efisiensi biaya produksi dan hasil produksi yang berlipat dan diupayakan melalui pengembangan serta penyegaran indstri manufaktur Indonesia yang berbasis ekonomi digital dalam memasuki era Industri 4.0," terang Hariyadi, Senin (1/4/2019).

Sementara itu, dalam konteks hubungan industrial, baik Bipartit mapun Tripartit, Haryadi menilai tanyangan industri 4.0 harus disikapi dengan karakter dan pola baru. "Sudah saatnya hubungan industrial tidak lagi berkutat pada persoalan konvensional seperti freedom of association, collective bergaining, pengupahan dan sebaainya. Hubungan Bipartit dan Tripartit saat ini diharapkan lebih menekan pada upaya pengembangan keterampilan dan dialog sosial sebagai platfom baru hubungan industrial," pungkasnya.

Selain itu, dalam acara tersebut juga akan disejalankan dengan pelantikan pengurus Apindo Kepri. Di mana, sesuai hasil Musyawarah Provinsi (Musprov) Apindo, Ir Cahya terpilih secara aklamasi menahkodai Apindo Kepri periode 2019-2024.

Editor: Gokli